Sukses


Statistik: Membandingkan Marko Krasic dan Kim Jeffrey di Persib

Bola.com, Jakarta - Dari sejumlah nama yang memutuskan untuk hengkang dari Persib Bandung awal tahun ini, dua di antaranya adalah sosok kunci lini tengah tim Maung Bandung: Firman Utina dan Makan Konate. Peran kedua pemain tersebut sangat vital dalam kesuksesan Persib di tahun 2014-2015.

Menyambut 2016, manajemen tim asal Kota Kembang tersebut langsung bergerak cepat dalam merekrut pemain. Guna menambal lini tengah, pelatih anyar Persib, Dejan Antonic, mendapatkan 2 mantan anak asuhnya di tim yang pernah ia asuh sebelumnya, yakni Marko Krasic (eks Arema IPL) dan Kim Jeffrey Kurniawan (eks Pelita Bandung Raya).  

Kedua pemain tersebut mencicipi debutnya berseragam Pangeran Biru pada laga persahabatan melawan Bali United pada Sabtu, 13 Februari. Kala itu, Kim dijadikan starter dan bermain selama 66 menit sebelum digantikan oleh Krasic.

Dalam partai perdana Persib pada ajang Bali Island Cup (BIC) 2016, Kamis (18/2/2016), giliran Krasic yang menjadi starter. Sepupu dari Milos Krasic ini hanya bermain setengah babak dan diganti oleh Kim di babak kedua.

Pada 2 laga perdananya bersama Persib, Krasic tampak masih belum padu dengan rekan-rekannya. Diposisikan sebagai pengalir bola, pemain asal Serbia ini justru lebih sering melakukan aksi bertahan ketimbang passing.

Pada pertandingan melawan PSS, Krasic melepaskan 25 operan dengan akurasi 92% di babak pertama. Angka tersebut menjadi yang tertinggi dibanding sesama gelandang Persib saat itu, yakni Hariono (23) dan Rachmad Hidayat (20). Namun, dalam urusan aksi tekel, jumlah upaya tekel Krasic (4) justru lebih banyak daripada Hariono (3). Persentase sukses tekel pemain bernomor punggung 5 tersebut berada di angka 25%, dan ia memperoleh satu kartu kuning dari 2 pelanggaran.

Pada babak kedua, performa Kim berdampak positif terhadap kemenangan 4-2 Persib. Adik ipar Irfan Bachdim yang memang lebih muda dari Krasic ini bermain lebih agresif namun efektif. Tercatat ada 41 operan yang dilepaskan Kim dengan akurasi 88%. Kim juga tercatat menerima operan sebanyak 37 kali, sedangkan Krasic di babak pertama hanya 19 kali.

Masih ada dua laga yang akan dimainkan Persib di BIC 2016. Marko Krasic masih punya kesempatan untuk membuktikan bahwa kualitasnya tidak kalah dari Kim. Atau, mungkin Dejan sedang bereksperimen sebelum memainkan Krasic dan Kim bersamaan untuk mendampingi Hariono?

Video Populer

Foto Populer