Sukses


Tembakan Spekulasi Busari Pupuskan Asa Bali United Raih 3 Poin

Bola.com, Gianyar Asa Bali United menutup Bali Island Cup 2016 dengan kemenangan tidak terwujud. Di laga ketiga sekaligus laga pamungkas, Bali United ditahan 1-1 oleh PSS Sleman, Selasa (23/2/2016).

Sejak menit awal permainan, sebagai tuan rumah yang bermain di depan Semeton Dewata di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, asuhan pelatih Indra Sjafri ini tampil menggebrak dan berupaya mengambil kendali permainan.

Permainan bertenaga dengan tempo cepat diperagakan Bali United. Namun, PSS yang tak mau pulang mengemas satu poin pun, tak tak kalah trengginas. Alhasil, 10 menit pertama kedua tim saling balas serangan.

Pada menit ke-10, I Nyoman Sukarja mencoba membuka keran gol Bali United, tetapi tendangan ke arah gawang PSS yang dijaga Ali Barkah, masih lemah dan tak akurat. Begitu pula dengan percobaan Hendra Sandi di menit ke-24 yang bisa ditepis Ali.

Water break di babak pertama dimanfaatkan kubu tuan rumah untuk memperbaiki taktik dan strategi. Indra Sjafri memasukkan dua pemain sekaligus, yakni Syakir Sulaiman dan Ilham Udin Armaiyn untuk menggantikan Hendra Sandi dan Miftahul Hamdi.

Pergantian itu cukup membawa hasil positif. Lewat skema penyerangan yang tertata, I Gede Sukadana yang berdiri bebas menerima umpan terobosan dan langsung diceploskan ke arah gawang PSS. Pergerakan tanpa bola Sukadana yang apik itu membuatnya sukses melesakkan tendangan ke arah pojok kiri gawang PSS tanpa bisa dijangkau Ali Barkah. Gol, 1-0 untuk Bali United di menit ke-36.

Dua menit berselang, Bali United lewat sentuhan satu-dua Ilham Udin dan Syakir Sulaiman, menggandakan gol. Namun, wasit Chandra Zein menganulir gol yang dicetak Ilham setelah asisten wasit mengibarkan bendera tanda offside. Skor 1-0 untuk Bali United bertahan hingga babak pertama usai.

Di awal babak kedua, PSS mengganti dua pemainnya agar tetap bertenaga. Serangan demi serangan silih-berganti dilancarkan kedua kesebelasan. PSS cukup beruntung memiliki Kristian Adelmund yang beberapa kali sukses mematahkan serangan lawan.

Bek asal Belanda itu bahkan sempat membuat gol lewat sundulan menyambut umpan silang pada menit ke-62, tetapi gol itu kembali dianulir setelah Adelmund dinyatakan dalam posisi offside.

Tak mengendurkan serangan, tim Elang Jawa sukses menyamakan kedudukan jadi 1-1 melalui tembakan spekulasi setengah voli yang dilesakkan Busari pada menit ke-67. Gol kedua Busari sepanjang turnamen yang diawali pergerakan Denny Rumba itu disambut suka cita tak hanya tim, tetapi juga suporter yang mendukung aksi mereka di stadion.

Gol Busari itu membuat PSS meraih poin satu-satunya di Bali Island Cup 2016 karena hingga pertandingan berakhir, skor 1-1 tidak berubah. Hasil itu membuat harapan Bali United menduduki peringkat runner-up dipastikan kandas karena tim Serdadu Tridatu hanya mengoleksi poin akhir dua, kalah bersaing dengan tim Maung Bandung dan Arema Cronus.

 

Susunan Pemain

Bali United (4-3-3): Ngurah Komang Arya (K), Putu Gede, Bobby Satria, Ganjar Mukti, Felicianus (B), Fadil Sausu, Hendra Sandy, Gede Sukadana (T), Nyoman Sukarja, Hamdi, I Made Wirahadi (D)

PSS Sleman (4-2-3-1): Ali Barkah (K), Rasmoyo, Denny Rumba, Waluyo, Kristian Adelmund (B), Candra Lukmana, Mahadirga Lasut, Tri Handoko, Eko Setiawan, Busari (T), Emile Mbamba (D)

Video Populer

Foto Populer