Sukses


Kiko Insa Bisa Contoh Alfarizi bila Kembali ke Arema

Bola.com, Samarinda - Bek Arema Cronus Kiko Insa sudah resmi dipinjam oleh Bali United Pusam selama satu tahun ke depan. Selama masa peminjaman, bek 28 tahun ini harus tampil memukau jika ingin kembali lagi ke tim Arema.

Untuk urusan yang satu ini, dia harus banyak belajar dari Ahmad Alfarizi. Apa hubungannya? Sejak tim berjulukan Singo Edan ini jadi tim mapan pengujung tahun 2012, baru satu pemain yang bisa kembali dari masa peminjaman, yakni Alfarizi.

Pada paruh musim 2013, Alfarizi dipinjamkan ke Persija Jakarta. Meski dikenal sebagai pemain yang punya karakter keras khas Malang, waktu itu tak banyak suporter yang melakukan protes seperti saat peminjaman Kiko.

Alfarizi pun tak banyak bicara ke media. Dia lebih fokus untuk mengembangkan kemampuannya. Hasilnya, selama setengah musim dia tampil luar biasa dan selalu jadi pilihan utama pelatih Benny Dollo pada waktu itu.

Sebuah gol sukses dicetaknya dalam kompetisi. Pada musim 2014, pemain yang akrab disapa John itu ditarik lagi oleh Arema dan hingga kini jadi pemain kunci di sisi sayap kiri.

"Waktu dipinjamkan, ada semangat yang lebih besar untuk main jauh lebih baik. Alhamdulillah setelah itu bisa kembali lagi," kata pemain 25 tahun jebolan Akademi Arema itu.

Hanya, proses peminjaman Alfarizi waktu itu berbeda dengan Kiko. Mantan bek timnas U-23 ini waktu itu meminta kepada manajemen Arema untuk dipinjamkan karena mulai jarang dapat kesempatan main.

"Saya minta untuk dipinjamkan. Akhirnya dapat Persija. Ketika diberi kesempatan main, rasanya ingin mengeluarkan semua kemampuan dan tenaga yang saya punya," lanjutnya.

Alfarizi pun berharap Kiko Insa punya semangat yang lebih besar di Bali United. Dengan begitu, pelatih Arema Milomir Seslija tertarik lagi kepadanya. Pasalnya, pria asal Bosnia itu yang mengeluarkan keputusan untuk melepas Kiko lantaran karakternya tidak sesuai dengan taktik dan strategi yang diterapkan.

Video Populer

Foto Populer