Sukses


Demi Persik, Purwanto Bongkar Baju Wasit dari Kotak Wasiat

Bola.com, Kediri - Kecintaan Purwanto terhadap sepak bola nasional, khususnya Persik Kediri, tergugah lagi. Padahal, mantan wasit elite Indonesia dan FIFA ini telah gantung peluit alias pensiun sejak 2007.

Semua gara-gara permintaan khusus dari panpel laga Persik Legends yang menggelar partai ekshibisi melawan Madura United untuk memperingati satu dasawarsa kejayaan Persik kala jadi juara Liga Indonesia 2006.

Pertandingan yang digelar di Stadion Brawijaya Kediri, Minggu (10/4/2016) itu, dihadiri para legenda Persik 2006. Mulai para mantan pemain, pelatih Daniel Roekito, manajer tim Iwan Budianto, hingga Ketua Umum Persik ketika itu, HA Maschut.

"Lantaran partai bertajuk legenda, wasitnya pun harus seorang legenda. Makanya kami pilih Purwanto untuk memimpin pertandingan ini," ucap Ketum Persik, Barnadi.

Purwanto, yang sekarang berstatus staf PNS dan hajatan besar ini diselenggarakan Pemkot Kediri, sosok yang pernah dijuluki Mr. Clean saat masih aktif jadi wasit ini tak bisa menolak lagi.

"Karena cinta sepak bola dan Persik, saya harus membongkar dan mencari baju kenangan saat jadi wasit dulu. Saya masih ingat punya setelan kostum hitam merek Adidas yang pernah saya pakai ketika bertugas sebagai wasit FIFA. Alhamdulillah, bajunya ketemu," ungkap Purwanto.

Menurut Purwanto, kostum itu sudah berumur 10 tahun lebih. Kendati telah lama tersimpan di 'kotak wasiat', masih tampak cemerlang warnanya.

"Saya punya banyak koleksi baju wasit. Mulai saya bertugas di kasta terendah hingga tertinggi di Indonesia, termasuk saat memimpin pertandingan FIFA. Bagi saya itu sebuah harta karun yang tak ternilai harganya. Jika saya sudah tua, itu jadi bukti dan bisa diceritakan ke anak cucu," tutur Purwanto.

Video Populer

Foto Populer