Sukses


Selain Main Bola, Victor Igbonefo Sibuk Kursus Bahasa Thailand

Bola.com, Chonburi - Pemain naturalisasi, Victor Igbonefo yang memperkuat klub Thai Premier League, Siam Navy FC punya kesibukan baru. Ia tidak hanya fokus menolong timnya keluar dari zona degradasi tapi juga sedang fokus belajar bahasa Thailand. Hal itu dilakukan Igbonefo karena hingga kini ia belum fasih berkomunikasi dengan bahasa Thailand.

"Sekarang saya sedang kursus bahasa Thailand.  Bahasa mereka lebih susah dari pada bahasa Indonesia karena hurufnya juga berbeda," kata pemain kelahiran Nigeria ini.

Mantan pemain Arema Cronus ini mengaku hampir setiap hari coba berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Thailand, baik itu dengan rekan setim atau warga sekitar.

"Selama ini saya pakai penerjemah untuk komunikasi. Namun, saya pikir akan lebih bagus kalau saya juga bisa bahasa Thailand agar saya bisa bicara dengan pemain lain saat pertandingan," ia menuturkan.

Di Thailand, hampir semua tulisan menggunakan aksara Thai yang merupakan peninggalan kerajaan. Untuk menguasai bahasa Thailand, mau tidak mau Igbonefo harus mempelajari aksara itu. 

Bek berusia 30 tahun ini punya alasan kuat ingin belajar bahasa Thailand. Selain penting untuk berkomunikasi, ia juga ingin memperlihatkan rasa hormat kepada klub dan negara tempat ia berkarier sebagai pesepak bola.

Hal yang sama juga dilakukan Igbonefo saat pertama kali datang ke Indonesia tahun 2005. Bedanya, ia hanya butuh waktu satu tahun untuk mulai mengerti bahasa Indonesia.

"Kalau di Indonesia, masih menggunakan alfabet yang sama dengan bahasa Inggris. Jadi saya bisa baca," ia menuturkan.

 

 

Video Populer

Foto Populer