Sukses


4 Pemain Absen, Tes Fisik Jadi Menu Latihan Perdana Timnas U-19

Bola.com, Depok - Sebanyak 36 pemain dari 40 pemain yang mengikuti seleksi Timnas Indonesia U-19 proyeksi Piala AFF U-19 2016, Senin (25/7/2016), hadir memenuhi panggilan. Mereka sudah berkumpul dan mengikuti latihan perdana di POR Sawangan, Depok, pada Senin pagi.

Khusus Senin ini, latihan hanya dilangsungkan sekali, namun pada hari-hari selanjutnya, seluruh pemain ditempa dalam rutinitas latihan pagi dan sore.

Sementara empat pemain yang belum hadir dipastikan menyusul. Empat pemain itu, yakni Habibi dan Sandy Permana dari PS Bangka. Lalu ada Aris Sandiy dari Celebest FC dan Riyanto dari Barito Putera. Mereka akan bergabung pada Kamis (28/7/2016) setelah menyelesaikan tugas dengan klub.

Latihan perdana timnas U-19 diawali dengan latihan fisik yang dipimpin pelatih fisik timnas, Mukhtar Hendra Hasibuan. Pemain melakukan beep test untuk melihat VO2Max pemain.

Beberapa pemain yang tampil di level Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo bersama klub masing-masing, seperti Dimas Drajad, Pandi Lestaluhu, dan Alwi tidak terlalu kesulitan mengikuti irama latihan fisik ini.

"Selama libur kemarin, mereka menjaga kondisinya. Rata-rata VO2 Max mereka bagus dan di atas 50an. Kami, tim pelatih sempat kaget. Tapi, kami akan tingkatkan karena di usia mereka seharusnya rata-rata bisa di atas 63," jelas Eduard Tjong, pelatih kepala Timnas U-19, seusai latihan.

Selain fisik, pelatih yang disapa Edu itu juga fokus kepada komunikasi antarpemain. Dalam hal komunikasi, Edu ingin pemain cepat kenal dan akrab dengan rekannya karena persiapan timnas tidak lama.

"Nantinya kami akan menyisakan 25 pemain, karena kami juga dikejar waktu persiapan yang mepet. Ada beberapa pemain lama yang pernah dilatih oleh Fachry Husaini, tapi saya masih ingin melihat kemampuan teknik fisik mereka," lanjut eks pelatih PS TNI.

Seleksi sekaligus latihan di POR Sawangan ini akan berlangsung hingga 7 Agustus 2016. Setelah tim berjumlah 25 pemain atau setelah seleksi dilakukan, Tim Garuda Muda akan melakukan persiapan menuju Piala AFF U-19 2016 di Kota Yogyakarta.

Selama di Sawangan, Timnas U-19 direncanakan akan melakukan dua kali uji coba, yaitu pada 5 dan 7 Agustus 2016. Klub lokal dibidik menjadi lawan timnas. Uji coba ini dimaksudkan untuk melihat hasil latihan serta mencoba komposisi pemain.

 

 

 

Video Populer

Foto Populer