Sukses


Tak Terpanggil Timnas, Pelatih MU Minta Skuatnya Tak Minder

Bola.com, Bangkalan - Madura United hingga kini masih memuncaki klasemen sementara Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo. Ironisnya, tidak ada satu pun pemainnya yang dipanggil pelatih Alfred Riedl untuk memperkuat Timnas Indonesia pada laga uji coba kontra Malaysia, Selasa (6/9/2016) malam WIB.

Bahkan, hanya ada satu pemain klub yang bermarkas di Bangkalan ini yang dipanggil seleksi Alfred. Pemain itu adalah Bayu Gatra Sanggiawan.

Menanggapi hal ini, para pemain Madura United, khususnya pemain lokal potensial, tidak merasa kecil hati. Pasalnya, laga melawan Malaysia hanyalah partai uji coba, bukan pertandingan resmi. "Saya pikir coach Alfred Riedl punya kriteria sendiri soal pemain yang dianggap sesuai dengan pola yang ia inginkan," ujar Bayu.

Bayu tidak menyesal kendati kembali terpental. Ini bukanlah yang pertama bagi pemain asal Jember ini tidak masuk dalam skuat pilihan Alfred. Pada 2014 ia juga tidak diangkut oleh Alfred meski ia bertahan hingga hari terakhir seleksi.

"Tidak perlu menyesal. Saya yakin, jika sudah takdirnya saya masuk, suatu saat nanti pasti masuk. Kalau tidak, saya harus tetap fokus berlatih demi karier saya dan Madura United," ujar eks pemain Sriwijaya FC dan Bali United ini.

Di Madura United ada beberapa nama pemain lokal yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Selain Bayu, juga ada Engelberd Sani, Slamet Nurcahyo, Ahmad Maulana. Namun, jangankan terpanggil dalam skuat Timnas melawan Malaysia, seleksi saja tidak.

"Tidak terpanggil timnas tidak masalah. Kami ambil hikmahnya saja," ujar Slamet.

"Lebih baik kami jadikan itu sebagai lecutan untuk lebih keras berlatih. Saya yakin, hasil tidak pernah mengingkari prosesnya," timpal Maulana.

Pelatih Madura United, Gomes de Oliveira, juga meminta anak buahnya tidak perlu minder kendati tidak terpanggil timnas. Ia yakin, mereka tidak dimasukkan dalam timnas bukan karena kemampuan mereka lebih rendah dibanding pemain yang saat ini menghuni timnas.

"Banyak pemain bagus di negara lain juga tidak masuk timnas. Setiap pelatih punya kriteria sendiri soal pemainnya," tutur Gomes.

Di sisi lain, dalam berbagai kesempatan Alfred Riedl menegaskan bila skuat yang terpilih menjalani uji coba melawan Malaysia bukan skuat final. Artinya, ia masih akan melakukan pencarian pemain hingga komposisi Timnas Indonesia dianggap benar-benar pas, setidaknya Oktober 2016.

 

 

 

Video Populer

Foto Populer