Sukses


Tak Lagi di Persija, Rachmat Afandi Tak Patah Arang

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta tidak menyertakan nama striker Rachmat Afandi sebagai satu dari 19 pemain yang dipertahankan untuk musim depan. Tak merasa kecewa dengan keputusan manajemen Persija, Rachmat Afandi menatap tahun baru sebagai titik balik untuk menentukan kelanjutan masa depannya di dunia sepak bola.

Persija telah memastikan hanya mempertahankan 19 pemain yang mereka miliki pada 2016 untuk tetap berada di skuat klub ibu kota pada 2017. Nama Bambang Pamungkas, Ismed Sofyan, dan Greg Nwokolo ada di dalam ke-19 pemain tersebut. Namun, tidak ada nama Rachmat Afandi dalam daftar tersebut.

Seperti halnya Bambang Pamungkas, Rachmat Afandi kerap tidak mendapatkan kesempatan untuk tampil membela Persija di Torabika Soccer Championship 2016. Pelatih Persija, Muhammad Zein Alhadad, kerap memainkan Emmanuel Kenmogne sebagai ujung tombak dibantu oleh Greg Nwokolo sebagai penyerang sayap.

Namun, pada akhirnya Persija tetap mempertahankan Bambang Pamungkas dan melakukan hal yang berbeda terhadap Rachmat Afandi. Pemain yang sudah malang melintang di sejumlah klub besar Indonesia, seperti Persebaya Surabaya, Arema, Persib Bandung, dan PSMS Medan itu tidak masuk dalam rencana manajemen Persija untuk musim depan.

"Bukan tidak mencapai kesepakatan baru untuk musim depan, tapi memang tidak masuk dalam rencana manajemen untuk musim depan," ujar Rachmat Afandi melalui pesan singkat kepada Bola.com, Sabtu (31/12/2016).

Keputusan manajemen Persija itu tak lantas membuat Rachmat Afandi kecil hati atau kecewa. Tawaran dari klub lain pun sudah didapatkannya. Namun, Afandi enggan untuk membeberkannya sebelum pergantian tahun. Menurutnya, keputusan untuk membela klub mana akan diambil setelah pergantian tahun terjadi.

"Ya, ada tawaran dari beberapa klub lain. Tapi nanti setelah tahun baru saya baru akan mengambil keputusan akan bermain di mana," lanjut pemain yang pada April 2017 sudah berusia 33 tahun itu.

Greg Nwokolo dan Bambang Pamungkas menjadi dua penyerang yang dipertahankan oleh Persija. Sementara Emmanuel Kenmogne yang menjadi andalan di lini depan Macan Kemayoran di TSC 2016 pun tidak dipertahankan oleh manajemen klub berjulukan Macan Kemayoran.

Video Populer

Foto Populer