Sukses


Aji Santoso - Nilmaizar Tak Terpengaruh Statistik dan Sejarah

Bola.com, Malang - Arema FC dan Semen Padang akan menjalani laga hidup mati menuju final Piala Presiden 2017 dengan memainkan leg kedua semifinal Piala Presiden 2017 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu (5/3/2017) malam. Pelatih kedua tim optimistis menatap laga tersebut dan kompak mengesampingkan statistik kedua tim selama Piala Presiden 2017.

Semen Padang berhasil mengalahkan Arema FC dengan skor tipis 1-0 di leg pertama semifinal Piala Presiden 2017 yang digelar di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Kamis (2/3/2017). Skor tersebut tidak membuat Semen Padang lantas difavoritkan untuk melaju ke final karena Arema FC bertekad membalas kekalahan itu di Kanjuruhan dalam leg kedua semifinal Piala Presiden 2017.

Bicara soal statistik kedua tim di Piala Presiden 2017, Semen Padang berada di atas Arema. Bicara di babak grup, tim asuhan Nilmaizar itu lolos dengan nilai sempurna dan mencetak 12 gol tanpa kebobolan. Sementara itu, Arema FC mencetak tujuh gol dan satu kebobolan dalam dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Sementara di perempat final, yang dimainkan di Stadion Manahan, Solo, kedua tim sama-sama berhasil lolos ke semifinal dengan skor tipis 1-0. Semen Padang menang tipis 1-0 atas Bhayangkara FC melalui gol Vendry Mofu. Sementara Arema FC menang 1-0 atas Sriwijaya FC berkat gol Adam Alis.

Hingga saat ini, Semen Padang sukses mencetak 14 gol dan tanpa kebobolan, termasuk ketika menang atas Arema di Stadion H. Agus Salim, Padang. Sementara Arema FC hanya berhasil mencetak delapan gol. Namun, pelatih dari masing-masing tim menolak statistik menjadi acuan untuk pertandingan leg kedua semifinal Piala Presiden 2017 di Stadion Kanjuruhan.

"Sepak bola itu tidak bisa menggunakan ilmu pasti. Statistik tidak akan begitu memengaruhi saya. Pelatih mana yang memiliki taktik yang lebih bagus di pertandingan kali ini, dia yang akan meraih kemenangan," ujar Nilmaizar dalam keterangan pers di Kantor Arema FC, Sabtu (4/3/2017).

Prestasi kedua pelatih di sepak bola Indonesia pun cukup disegani. Nilmaizar memiliki prestasi yang bagus saat membawa Semen Padang menjadi juara di Indonesia Premier League 2011-2012, prestasi yang membawanya ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2013.

Sedangkan Aji Santoso tidak kalah mentereng. Ia pernah membawa kontingen Jawa Timur meraih medali emas PON 2008 dan jadi asisten pelatih di Timnas Indonesia U-23 kala meraih medali perak di SEA Games 2013.

Senada dengan Nilmaizar, Aji Santoso menganggap sejarah dan statistik yang dimiliki kedua pelatih dalam dunia sepak bola tidak bisa menjadi ukuran sukses kedua tim di Piala Presiden 2017.

Mantan pelatih Timnas Indonesia U-23 itu menegaskan dirinya tidak memercayai sejarah dan hitung-hitungan statistik. "Jelas semua itu berbeda karena sepak bola adalah sesuatu yang tidak bisa dikaitkan dengan hal tersebut," tuturnya.

Semen Padang berhasil unggul agregat 1-0 berkat gol tunggal Marcel Sacramento di Stadion H. Agus Salim pada leg pertama, Kamis (2/3/2017). Pemain asal Brasil itu berhasil mencetak gol ke gawang Kurnia Meiga melalui titik putih.

 

Video Populer

Foto Populer