Sukses


The Maczman Akan Berubah Demi PSM

Bola.com, Makassar - The Maczman, kelompok suporter terbesar di Makassar, antusias menyambut Liga 1 2018. Mereka berjanji lebih total mendukung PSM Makassar, khususnya saat laga kandang di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin.

Selain tetap melontarkan yel-yel dan koregrafi yang kreatif, The Maczman membuka divisi baru yakni divisi ultras.

"Divisi ini lebih militan daripada sebelumnya. Mereka akan berkumpul di belakang gawang sebelah selatan. Selama 90 menit, mereka akan meneriakkan yel-yel tanpa henti," ujar Andi Muhammad Faizal, jenderal lapangan The Maczman kepada Bola.com, Selasa (20/3/2018).

Menurut Ical, sapaan akrab sang jenderal lapangan, jumlah anggota divisi ini mencapai ribuan orang. "Mereka diambil dari anggota terbaik di setiap sektor," papar Ical.

Sejak berdiri pada 2001, jumlah anggota The Maczman sudah mencapai belasan ribu di seluruh Indonesia. Ical menambahkan, berbeda dengan suporter ultras lainnya, divisi ini terkesan jauh dari kata seram.

"Seragam baju kami tetap merah bukan hitam. Setiap anggota juga diwajibkan berpakaian rapi dan memakai sepatu saat mendukung PSM bertanding," tegas Ical.

Pembentukan divisi ini dilakukan saat family ghatering di Dataran Tinggi Tinambung, Kabupaten Gowa, 3-4 Maret 2018 lalu. "Kami sudah membekali mereka dengan yel-yel dan koreografi kreatif yang tujuannya memompa semangat pemain agar tampil spartan sepanjang pertandingan," papar Ical.

PSM Makassar akan melakoni laga perdana di Liga 1 2018 dengan menjamu PSIS Semarang di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Minggu (25/3/2018).

Video Populer

Foto Populer