Sukses


Luis Milla Mengakui Sulit Cari Striker Muda di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla, mengakui sulitnya mencari striker muda di Indonesia. Pelatih asal Spanyol itu mengungkap penyebabnya dan mengaku sedang terus mencoba solusi yang sudah dimilikinya saat ini jelang Tim Garuda Muda berkompetisi di Asian Games 2018.

Timnas Indonesia U-23 memiliki banyak pemain sayap yang memiliki kecepatan luar biasa. Namun, di sisi lain, Tim Garuda Muda sulit menemukan striker yang bisa menjadi mesin gol.

Luis Milla mengakui menemukan penyerang seperti yang diharapkan masyarakat Indonesia adalah masalah yang saat ini tengah dihadapinya. Pelatih berusia 52 tahun itu menjabarkan penyebab permasalahan tersebut dalam diskusi yang berlangsung di Kantor Kemenpora, Jakarta, Minggu sore (24/6/2018).

"Penyerang memang merupakan masalah kita, masalah di negara ini. Semua masalah ini lahir dari liga. Striker lokal di sini sangat kurang, khususnya di usia muda. Ada striker muda, tapi banyak yang kurang menit bermain karena kurangnya kompetisi usia dini," ujar Luis Milla di depan Sesmenpora, Gatot S Dewa Broto, dan pemain sayap Persija Jakarta dan Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak.

"Posisi striker itu adalah sebuah posisi yang sulit karena semua striker itu sudah harus mempelajari teknik dasar menjadi striker sejak usia muda. Ketika kita semua bicara pemain muda menjadi striker, itu pun sulit di Indonesia. Banyak pemain asing di sini yang menempati posisi tersebut," lanjutnya.

Namun, Luis Milla menegaskan kini sudah memiliki solusi dan sudah mencoba untuk menjalankannya. Pemanggilan sejumlah striker senior, seperti Lerby Eliandry, Ilija Spasojevic, dan Alberto Goncalves, merupakan solusi jangka pendek yang bisa dilakukannya untuk Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Asian Games 2018.

"Solusinya, kami memanggil pemain senior untuk mengisi posisi tersebut karena saat ini hanya itu yang bisa kami coba upayakan. Timnas Indonesia memang memiliki kesulitan di posisi striker, tapi jangan khawatir karena bagi saya, yang penting adalah tim ini bisa bermain dengan kompak, bermain secara tim, sehingga pemain lain kompak mendukung dan membantu pemain yang berposisi sebagai striker," tegas Luis Milla.

Video Populer

Foto Populer