Sukses


Prediksi Timnas Indonesia U-19 Vs Laos: Memburu Awal Manis

Bola.com, Sidoarjo - Timnas Indonesia U-19 akan memulai kiprah di Piala AFF U-19 2018 melawan Timnas Laos U-19 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (1/7/2018).

Laga pertama tersebut bakal menjadi penting bagi skuat Garuda Nusantara untuk memulai petualangan di turnamen ini. Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, berharap anak asuhnya siap tampil meski persiapan untuk menyongsong ajang ini cukup mepet.

"Tujuh bulan saya pegang dan saya hanya melakukan persiapan selama satu bulan. Ini adalah persiapan paling pendek yang pernah saya lakukan. Saya berharap turnamen ini bisa bermanfaat untuk semuanya," kata Indra.

Nama-nama pemain yang menghuni Timnas Indonesia U-19 saat ini tidak banyak mengalami perubahan. Mereka merupakan pemain yang ikut turun di ajang yang sama, meraih peringkat ketiga pada edisi 2017 di Yangon, Myanmar.

Indonesia baru dua kali berjumpa dengan Laos di turnamen Piala AFF U-19/U-18, masing-masing pada edisi 2011 dan 2016. Hasilnya, Indonesia berhasil menang sekali dan imbang sekali.

Selain itu, Laos juga merupakan satu di antara tim lemah dalam dua tahun terakhir. Tim asuhan Chusak Sriphum itu selalu keluar sebagai juru kunci di babak penyisihan grup.

Tetapi, Indra menolak untuk meremehkan kekuatan yang dimiliki Laos. Dia juga meminta kepada pemainnya untuk tidak sombong dan mewaspadai semua tim.

"Saya sudah menyatakan kami harus menyikapi secara serius siapa pun lawannya. Saya juga minta pemain untuk konsentrasi dalam pertandingan dan Piala AFF ini sebagai wadah membuktikan diri," imbuh Indra.

2 dari 3 halaman

Laos Tak Keder

Pesan Indra agar pemainnya selalu waspada siapa pun lawan yang dijumpai, memang penting. Hal itu karena setiap tim lawan juga mengincar kemenangan. Bahkan Laos pun menyatakan tak keder berjumpa tuan rumah di laga pertama.

Mereka siap menghadapi Indonesia. Sang pelatih, Chusack Sriphum, menyatakan ambisinya untuk memenangi setiap pertandingan yang mereka jalani, tak terkecuali saat bentrok melawan Timnas Indonesia U-19.

Timnas Indonesia U-19 saat latihan di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo, Jumat (29/6/2018). (Bola.com/Zaidan Nazarul)

Soal absennya bintang Timnas Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri, di pertandingan ini, menurutnya bukan keuntungan bagi Laos. "Sepak bola itu permainan kolektif, saya yakin Timnas Indonesia tetap tim kuat. Jadi, saya tetap respek pada Indonesia," ujarnya.

Sementara terkait kekalahan 1-3 dari Indonesia di pertemuan terakhir di Piala AFF U-19 2016, Sriphum mengaku belum menjadi pelatih Timnas Laos ketika itu sehingga tidak terpengaruh kekalahan tersebut. "Yang terpenting saya sudah menyiapkan tim semaksimal mungkin," ucapnya.

Pada Piala AFF U-19 edisi tahun ini Sriphum memboyong banyak muka baru sehingga ia memastikan timnya akan mengusung semangat baru saat duel melawan Timnas Indonesia U-19 di laga perdana Piala AFF U-19 2018. "Tim kami sudah melakukan persiapan dalam waktu yang cukup," kata Sriphum.

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Prakiraan Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-19 (4-3-3): M. Riyandi (kiper); Firza Andika, Nurhidayat Haji Haris, M. Firly, Samuel Simanjuntak (belakang); Lutfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaiman (tengah); Feby Eka Putra, M. Rafli Mursalim, Saddil Ramdani (depan)

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Laos U-19 (3-5-2): Kitom Venvongsot; Kittisak Phomvongsa, Chitpasong Latthachack, Mek Insoumang (belakang); Boualapha Chalernsouk, Chanthachone Thinolath, Kiengthavesak Xayxanapanya, Onkeo khamsouliy, Phasao Sinonalath (tengah); Phoutthasone Vongkosin, Thatsaphone Saysouk (depan)

Pelatih: Chusak Sriphum

Pelatih tim peserta Piala AFF U-19 2018 berpose bersama dalam sesi konferensi pers di Surabaya, Sabtu (30/6/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

Video Populer

Foto Populer