Sukses


Timnas Indonesia U-19 Bergantung pada Pemain Utama, Ini Penjelasan Indra Sjafri

Bola.com, Jakarta Timnas Indonesia U-19 sempat kebuntuan saat melawan Filipina di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (5/7/2018). Mereka baru bisa mencetak gol pada menit ke-82 dan mengakhir laga dengan skor 4-1. 

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri melakukan banyak rotasi di laga ini. Namun, gol-gol yang tercipta justru lahir dan pemain pengganti yang selama ini kerap menjadi andalan. 

Satu gol disumbang oleh Firza Andika yang tampil sebagai starter pada menit ke-83. Sementara tiga gol lainnya hasil kreasi dua pemain pengganti, Saddil Ramdani (82’ dan 85’), dan Todd Rivaldo Ferre (90+1’). 

Pertandingan tersebut semakin menguatkan indikasi kekuatan Timnas Indonesia U-19 belum merata ke setiap pemain. Masih harus mengandalkan pemain yang kerap tampil reguler untuk membobol gawang lawan. 

“Menjadi pelatih usia muda itu memang harus ada keberanian memberi kesempatan pada pemain lain. Kalau saya egois, saya akan menurunkan pemain yang sama. Tapi ini tidak adil. Ajang ini juga jadi seleksi bagi pemain untuk kami boyong ke Piala Asia,” kata Indra. 

Saddil dan Todd merupakan pemain yang cukup matang untuk tampil di laga internasional. Mereka pun kini telah menjadi andalan di masing-masing klub dalam Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, Persela Lamongan dan Persipura Jayapura. 

Secara khusus, Indra ingin menyoroti mentalitas yang ditunjukkan oleh pemainnya. Sempat tertinggal satu gol dan tak kunjung membalas sampai kurang dari 10 menit jelang bubaran bukanlah kondisi ideal untuk menang. 

“Pertama, ada pergantian pemain memengaruhi permainan tim. Kedua, pemain juga sabar dalam bertanding. Saya sudah bilang kepada mereka untuk tetap sabar pada jeda antar babak. Makanya, saya puji mentalitas pemain sangat bagus,” imbuhnya.

Setelah melewati tiga pertandingan dengan kemenangan, Timnas Indonesia U-19 akan meladeni dua tim tangguh, yakni Thailand dan Vietnam.

Video Populer

Foto Populer