Sukses


Melihat Kekuatan India, Lawan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFC 2018

Bola.com, Jakarta - Timnas India U-16 akan jadi satu di antara lawan Timnas Indonesia U-16 di fase penyisihan grup Piala AFC U-16 2018. India dan Indonesia, bersama Vietnam dan Iran, tergabung di Grup C.

Dibandingkan Vietnam, yang kekuatan dan kelemahannya sudah dirasakan sendiri oleh Timnas Indonesia U-16 saat Piala AFF 2018, tim India dan Iran bisa dibilang masih terasa asing untuk pasukan Garuda Asia.

India, secara khusus, oleh beberapa media massa di Vietnam, disebut sebagai tim paling lemah di Grup C sedangkan Indonesia, kekuatannya cukup berimbang. Benarkah demikian?

Sejatinya, Timnas India U-16 tak pantas dipandang sebelah mata. Tim asuhan pelatih Bibiano Fernandes ini sudah bersama sejak dua tahun terakhir, termasuk ketika menjuarai turnamen SAFF U-15 2017 dengan catatan 100 persen tak terkalahkan.

Selanjutnya, Manish Chadhury dkk. ditempa dalam rangkaian pemusatan latihan di dalam dan luar India seperti di Goa dan Qatar serta menggelar banyak uji coba. Bukan sekadar uji coba karena mereka bertemu tim-tim kuat di Asia serta Eropa.

Media di India, seperti Khelnow, menulis, Timnas India U-16 memainkan permainan agresif. Permainan yang diusung itu mampu menandingi kekuatan lawan selama uji coba, seperti menekuk Besiktas 5-1, menumbangkan Timnas Kamerun U-16 2-1. Seluruh uji coba itu dimainkan di Turki.

Timnas India U-16 proyeksi Piala AFC U-16 2018 juga mengikuti berbagai turnamen internasional untuk menambah jam terbang pemain, seperti tampil di India-Mesir Cup (Mesir), the Jockey Cup (Hong Kong), MIC dan Sportchain Cup di Spanyol, yang juga diikuti tim semisal China, Serbia, serta Yordania.

Sejak Januari 2017, timnas berjulukan The Blue Colts ini sudah menjalani lebih dari 50 puluhan pertandingan, baik uji coba maupun laga resmi.

 

2 dari 2 halaman

Pemain Andalan

Timnas India U-16 di bawah pelatih Bibiano Fernandes kerap mengusung skema 4-3-3. Pemain andalan untuk mengisi skema itu adalah Niraj Kumar (kiper), Thoiba Moirangthem dan Gurkirat Singh jadi jantung pertahanan, ditopang bek sayap Shabas Ahammed serta Samir Karketta.

Kemudian gelandang bertahan diprediksi jadi tugas Lalchhanhima Sailo, Givson Singh dan Ridge Demello jadi gelandang kreatif. Trisula lini depan diisi Bekey Oram (sektor kiri), Pratap Singh (kanan), dan Rohit Danu akan jadi ujung tombak.

Lantas bagaimana peluang Timnas India di Piala AFC U-16 2018? Melihat persiapan dan kesiapan, Timnas India U-16 diyakini jadi satu di antara tim tangguh serta berisi pemain pekerja keras di Asia saat ini. 

Di bawah arahan pelatih Bibiano Fernandes, antarpemain di Timnas India U-16 memiliki ikatan kuat dan sudah cukup ditempa di lapangan. Untuk bisa lolos dari fase penyisihan grup Piala AFC U-16 2018, India menargetkan dua kemenangan. 

Sejak beberapa hari lalu the Blue Colts sudah berada di Malaysia. Sama halnya Indonesia, Pratap Singh cs. berangkat lebih dini sebagai bagian adaptasi dengan kondisi di Malaysia.

Di sisi lain, pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, mengaku sudah mengantongi rekaman pertandingan India. Secara khusus, ia mengakui rata-rata pemain Timnas India U-16 memiliki postur badan lebih tinggi dan besar ketimbang tim asuhannya.

Namun, ia menyebut tim asuhannya tak akan gentar meladeni India. Jika merujuk uji coba terakhir, Indonesia punya peluang merebut tiga angka. Rujukannya, kedua tim sama-sama pernah menjajal Timnas Oman U-16. Hasilnya, India kalah 1-2 (20/8/2018) sedangkan Indonesia bermain 3-3 kontra Oman (12/9/2018).

Duel Timnas India U-16 versus Indonesia di penyisihan Grup C Piala AFC U-16 2018 tersaji di Stadion UM Arena, Kuala Lumpur, 27 September 2018.

Video Populer

Foto Populer