Sukses


Prediksi Persebaya Vs Madura United: Derbi Suramadu Beda Misi

Bola.com, Surabaya - Laga Derbi Suramadu yang mempertemukan Persebaya Surabaya dengan Madura United bakal segera tersaji. Pertandingan pekan ke-27 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak itu digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis (25/10/2018).

Pertarungan dua tim asal Jawa Timur ini bisa menjadi duel sengit keduanya dengan materi pemain masing-masing. Namun, mereka mengemban misi yang berbeda seiring posisi di klasemen cukup jauh. 

Madura United masih membidik gelar juara dan tak ingin terlempar dalam persaingan tersebut. Klub berjulukan Laskar Sape Kerap itu menghuni peringkat keenam klasemen sementara setelah mengemas 40 poin. 

Sementara Persebaya tak ingin muluk-muluk dengan hanya mengemban misi menjauh zona degradasi. Tim asal Kota Pahlawan ini sedang berada di peringkat 13 mengoleksi 32 poin. 

Kepercayaan diri tinggi tengah hinggap kepada semangat pemain Persebaya. Mereka baru saja menang 4-1 atas Persib Bandung yang sempat di puncak, dan harus turun ke posisi runner-up akibat kekalahan itu.

Kendati demikian, pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman tidak akan meremehkan kekuatan Madura United. Dia menilai skuat tim asal Pulau Garam itu memiliki kualitas dan merupakan tim kuat. 

“Mulai dari saat melawan Persib, Persebaya melawan tim papan atas dan kuat yang secara klasemen ada di atas kami. Sekarang, kami akan menghadapi Madura United. Ini persiapan yang paling singkat selama saya menangani Persebaya,” kata pelatih asal Majalengka itu. 

Persebaya memang tidak memiliki banyak waktu untuk persiapan laga ini. Rendi Irwan dkk. hanya memanfaatkan tiga hari latihan efektif untuk Derbi Suramadu dengan jarak hanya empat hari dari laga sebelumnya.

 

2 dari 4 halaman

Kondisi Sama

Hal yang sama sebenarnya juga dialami oleh Madura United. Klub asal Pulau Garam itu melakoni laga terakhir di hari dan jam yang sama dengan Persebaya pada Sabtu lalu.

Pada laga ini, Persebaya tidak bisa menurunkan sejumlah pilar andalan, terutama pemain asing. Robertino Pugliara dan David da Silva masih cedera, sementara Otavio Dutra diragukan tampil. Belum lagi Raphael Maitimo dan Nelson Alom yang telah cedera sejak lama. 

Namun, Bajul Ijo sudah terbiasa tampil dengan skuat apa adanya. Bahkan, Djanur menyebut komposisi timnya saat melawan Persib bisa menjadi kerangka tim dan tidak ada masalah, seperti akumulasi kartu. 

“Skuat yang kami turunkan melawan Persib, insya Allah bisa tampil. Yang pasti, kami belum bisa menurunkan Robertino, David, Maitimo dan Alom. Boleh dikatakan skuat kami masih belum komplet,” imbuh Djanur. 

Kini, tantangan besar bakal dihadapi oleh Djanur meski pemainnya sudah menemukan permainan yang apik. Djanur harus memecah rekor untuk kali pertama Persebaya menang dua laga beruntun selama musim ini. 

“Berdasarkan catatan memang seperti itu (belum pernah menang beruntun). Saya tidak mau melihat yang dulu, kami ingin tetap mendapat tiga poin. Kami ingin meraih penuh untuk mengamankan posisi di klasemen,” ucap pelatih berusia 53 tahun itu. 

Beruntung, Persebaya memiliki catatan yang apik selama berjumpa dengan Madura United. Dalam total tiga pertemuan, Bajul Ijo belum pernah terkalahkan dengan rincian dua menang dan satu seri di semua ajang.

3 dari 4 halaman

Madura Tak Menyerah

Di sisi lain, pelatih Madura United, Gomes de Oliveira tak ingin anak asuhnya menyerah begitu saja. Dia paham bahwa Persebaya sedang dalam kondisi on fire usai menang telak atas Persib.

Pelatih asal Brasil itu tidak ingin terganggu dengan catatan Persebaya itu. Dia ingin tetap mendapat tiga poin di laga ini setelah sempat gagal menang dalam dua pertandingan terakhir. 

“Melawan Persebaya besok mereka pasti punya motivasi besar setelah menang melawan Persib Bandung. Saya yakin pertandingan akan sangat menarik dan suporter juga datang. Kami datang untuk memenangkan pertandingan,” ujar arsitek berusia 55 tahun itu. 

Madura United bahkan bisa tampil dengan skuat dan kekuatan penuh dalam Derbi Suramadu kali ini. Tidak ada pemain yang terkena akumulasi atau mengalami cedera, termasuk kiper Satria Tama yang sempat mengalami insiden berbenturan. 

“Pemain kami tidak ada yang kena akumulasi. Semua kiper juga siap dimainkan. Fabiano (Beltrame) yang sempat sakit juga kondisinya semakin membaik. (Mamadou) Samassa bisa cetak gol sebelumnya dan mudah-mudahan dia bisa melakukannya lagi,” tambah Gomes.

Laga ini bisa menjadi sekaligus reuni bagi Gomes yang pernah menjadi asisten pelatih Persebaya. Dia menyatakan ambisi kedua tim untuk memetik kemenangan tidak akan mudah dan laga berjalan seru.

“Ini pertandingan yang berat, Persebaya butuh poin, Madura butuh kemenangan. Semua pemain harus tetap bekerja keras menghadapi situasi apapun di pertandingan,” tandasnya.

4 dari 4 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Andri Muliadi, Ruben Sanadi (belakang); Misbakus Solikin, Rendi Irwan, Fandi Eko Utomo (tengah); Oktafianus Fernando, Osvaldo Haay, Irfan Jaya (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Madura United (4-3-3): Hery Prasetyo (kiper); Beny Wahyudi, Fabiano Beltrame, Fachrudin Aryanto, Andik Rendika Rama (belakang); Asep Berlian, Slamet Nurcahyo, Zah Rahan Krangar (tengah); Alfath Faathier, Mamadou Samassa, Greg Nwokolo (depan)

Pelatih: Gomes de Oliveira

Video Populer

Foto Populer