Sukses


Pelatih Persela Ajak Bicara Alex Goncalves yang Sedang Seret Gol

Bola.com, Palangkaraya - Alex Goncalves menjadi top scorer Shopee Liga 1 2019 selama sebulan bulan terakhir dengan torehan 16 gol. Posisinya belum tergoyahkan. Tetapi, striker Persela Lamongan itu sudah tidak mencetak gol dalam enam laga terakhir.

Teranyar, Alex gagal membobol gawang Persebaya Surabaya dalam pertandingan pekan ke-24 di Stadion Surajaya, Lamongan (23/10/2019). Persela Lamongan memang menang 1-0, namun gol tunggal laga itu dicetak oleh Malik Risaldi.

Pelatih Persela, Nilmaizar mengaku situasi ini tidak baik untuk timnya. Dia mengajak Alex berbicara untuk mengembalikan ketajaman mesin gol andalannya tersebut.

"Ini juga menjadi bahan evaluasi. Saya bicara dengannya, mungkin ada kendala. Tapi, situasi ini sebenarnya normal saja. Hanya, ada beberapa faktor yang mungkin mengakibatkan itu," kata pelatih berusia 48 tahun itu.

Alex kali terakhir mencetak gol terjadi saat Persela menahan 1-1 Badak Lampung FC pada 11 September 2019. Setelah itu, dia absen dalam dua laga beruntun, melawan Persipura Jayapura (15/9/2019) dan Arema (20/9/2019), karena terkena hukuman akumulasi kartu.

Di empat laga berikutnya, dia kembali tampil, masing-masing menghadapi Madura United (24/9/2019), Bhayangkara FC (28/9/2019), PSIS Semarang (18/10/2019), dan terakhir Persebaya. Namun, rekening golnya macet.

Status Alex sebagai top scorer sementara sangat mungkin mendapat perhatian khusus dari pemain lawan. Dia tergolong striker yang mampu mencari celah dengan berbagai keunggulan. Posturnya yang menjulang juga membuatnya memiliki kemampuan dalam sundulan.

Kini dia diharapkan kembali menunjukkan ketajaman saat Persela Lamongan bertandang menghadapi Kalteng Putra. Duel pekan ke-25 itu tersaji di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Minggu sore (27/10/2019).

"Alex ini kan sudah banyak diketahui orang. Jadi, setiap pertandingan, tim lawan sangat mungkin menaruh perhatian sama dia, kadang dijaga ketat. Tapi, dia sudah berjuang keras membantu tim ini," imbuh Nilmaizar.

2 dari 2 halaman

Musim Perdana di Indonesia

Alex menjalani musim perdana di Indonesia bersama Persela Lamongan. Sempat diragukan, dia justru mengungguli nama-nama beken semacam Alberto Goncalves, Aleksandar Rakic, Ilija Spasojevic, Ezechiel N’Douassel, Marko Simic, dan sebagainya.

Di musim pertamanya ini, dia membukan catatan yang impresif. Alex menjadi satu-satunya pemain yang mampu mencetak dua kali hattrick ke gawang dua tim berbeda, yaitu Persib Bandung dan Tira Persikabo di Liga 1 2019.

Musim lalu, torehan hampir sama dibukukan David da Silva bersama Persebaya. Rekan senegara Alex itu mampu mencetak tiga hattrick, masing-masing ke gawang PS Tira, Mitra Kukar, dan Bali United.

Video Populer

Foto Populer