Sukses


Pelatih Persebaya Ungkap Kriteria Bek Kiri Pengganti Ruben Sanadi

Bola.com, Surabaya - Persebaya tidak memiliki stok bek kiri selepas kepindahan Ruben Sanadi. Sebenarnya, mereka bisa menurunkan Rachmat Irianto dan Mokhamad Syaifuddin di posisi itu, namun keduanya tidak berposisi asli sebagai bek kiri.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, memiliki kriteria untuk bek kiri yang bakal masuk skuatnya. Dia menginginkan sosok pemain yang bertipe mirip Ruben, memiliki kemampuan menyerang dan bertahan sama baiknya.

"Yang saya inginkan, pertama, pemain yang kuat dengan bola. Kedua, pemain yang agresif dan yang suka overlapping. Ketiga, tentu memiliki mental petarung," kata pelatih asli Malang tersebut.

Aji bisa dibilang cukup selektif untuk mendapatkan pemain baru di posisi ini. Sebab, dia bek kiri semasa masih bermain. Posisi itu pula yang mengantarnya menjadi bek kiri andalan sekaligus kapten Persebaya dan Timnas Indonesia era 1990-an.

Ruben bisa dibilang memiliki gaya permainan yang mirip Aji. Keduanya kerap membantu tim dalam situasi menyerang. Mereka juga memiliki kemampuan umpan silang yang cukup apik untuk membantu striker melakukan penyelesaian akhir lewat sundulan.

2 dari 2 halaman

Loyalitas Pemain

Selain kemampuan, Aji juga menginginkan loyalitas sang calon pemain di posisi ini terhadap klub yang dibelanya. Pemain tersebut harus mau berjuang secara total untuk Persebaya.

"Saya lihat anak-anak muda, mayoritas di bawah 30 tahun, itu yang saya harapkan dari mereka. Dalam tim saya, pemain wajib memiliki dua hal, yaitu kualitas dan mental bertanding," imbuh pelatih berusia 49 tahun itu.

Selama sepekan terakhir, Persebaya dikabarkan sudah mendekati bek kiri yang juga tak kalah berkualitas dari Ruben, yaitu Abduh Lestahulu. Kabarnya, kedua pihak sudah mencapai kesepakatan, tinggal urusan administrasi perlu diselesaikan sebelum diumumkan.

"Soal Abduh, kami lihat saja dalam beberapa hari ke depan. Saya tidak menyampaikan dan menyebutkan. Kami akan TC (pemusatan latihan) di Yogyakarta mulai tanggal 15 Januari, nanti dilihat siapa yang datang," tutur Aji.

Video Populer

Foto Populer