Sukses


PSSI dan PT LIB Gelar Rapat Darurat Penghentian Shopee Liga 1 dan Liga 2, Ini Hasilnya

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Cucu Somantri mengumpulkan para manajer klub Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 dalam rapat yang bertajuk Extraordinary Meeting Liga 1 dan Liga 2 2020 di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin (16/3/2020).

Selain Iwan Bule, panggilan Iriawan dan Cucu, rapat darurat ini turut dihadiri oleh Komisaris Utama PT LIB, Sonhadji, Direktur Operasional PT LIB, Sujarno, Direktur Bisnis PT LIB, Rudy Kangdra, dan Direktur Keuangan PT LIB, Anthony Chandra Kartawiria.

Pada kesempatan ini, Iwan Bule meminta Cucu dan jajarannya untuk menyusun kembali jadwal kompetisi untuk Shopee Liga 1 dan Liga 2. Sebelumnya, PSSI memutuskan untuk menghentikan dua kompetisi tersebut hingga akhir Maret 2020.

"Juga untuk membuat assesment risiko dan rencana mitigasi atas jalannya kompetisi setelah dua pekan ke depan. PSSI akan memberikan asistensi teknis kepada PT LIB untuk melakukan kajian bersama dengan kompetisi-kompetisi internasional lainnya, khususnya Asia Tenggara terhadap kebijakan yang akan diambil secara global," ujar Iwan Bule, Senin (16/3/2020).

Iwan Bule menerangkan, PSSI juga akan membantu PT LIB untuk melakukan kajian cost dan manajemen risiko dalam kondisi terburuk setelah dua pekan kompetisi disetop.

"PSSI akan senantiasa bersama-sama dengan klub dalam menghadapi segala kemungkinan terburuk dan mengambil langkah yang diperlukan," jelas Iwan Bule.

Selain meliburkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 minimal dua pekan, PSSI juga menunda Pro Futsal League (PFL), kompetisi sepak bola putri, dan menunda pemusatan latihan (training centre) Timnas Indonesia U-19. TC Timnas Indonesia U-16 yang seharusnya tuntas pada 20 Maret mendatang di Bekasi, juga dipercepat.

"Khusus TC Timnas Indonesia U-16 di Bekasi, hari ini kami percepat TC mereka dan langsung kami pulangkan para pemain dan ofisial," kata Iwan Bule.

 

2 dari 3 halaman

Berkirim Surat ke Menpora, FIFA, dan AFC

Iwan Bule menekankan, PSSI akan membuat surat kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali tentang langkah-langkah yang diambil PSSI menindaklanjuti Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 7 tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Corona Virus Disesase 2019 (Covid-19).

"Kami juga akan berkirim surat ke FIFA, AFC, dan institusi terkait lainnya untuk menyampaikan keputusan ini, termasuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian RI terkait penundaan kompetisi," papar Iwan Bule.

Sebelum dihentikan untuk sementara waktu, Shopee Liga 1 telah menuntaskan pekan ketiga dan Liga 2 baru melangsungkan pertandingan pembuka pada Sabtu (14/3/2020).

"Kami lihat selama dua pekan bagaimana masa inkubasi virus ini. Tapi selengkapnya kita tunggu instruksi pemerintah selanjutnya, yang nanti akan saya sampaikan secara langsung kepada para pemangku kepentingan sepak bola Indonesia," imbuh Iwan Bule.

Karena penghentian kompetisi mulai berlaku pada Senin (16/3/2020), maka dua pertandingan Liga 2 yang digelar hari ini terpaksa dibatalkan. Iwan Bule secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Persis Solo, PSCS Cilacap, Persewar Waropen, dan Putra Sunan Giri yang menerima dengan besar hati keputusan dari PSSI.

"Terima kasih karena sudah mematuhi instruksi dari induk organisasi sepakbola yakni PSSI sehingga bersedia untuk menunda pertandingan kemarin," ujar Iwan Bule.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Video Populer

Foto Populer