Sukses


Berani Berubah: Ricardo Salampessy, Bek Persipura yang Jadi Guru Dadakan untuk Ketiga Buah Hatinya

Bola.com, Jayapura - Bek senior Persipura Jayapura, Ricardo Salampessy, mempunyai aktivitas rutin selama pandemi COVID-19 selain berlatih mandiri sesuai dengan arahan tim kepelatihan. Ricardo menjadi guru dadakan bagi ketiga anaknya yang memang sudah duduk di bangku sekolah.

Setelah PSSI menghentikan kompetisi Liga 1 2020, para pemain sepak bola profesional yang berlaga di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu, termasuk Ricardo Salampessy, mempunyai waktu luang yang cukup untuk bersama keluarga.

Hingga saat ini, sudah hampir lima bulan para pemain tidak melakukan aktivitas normal sebagai atlet sepak bola. PSSI menghentikan kompetisi pertengahan Maret lalu saat baru berjalan tiga pekan.Kompetisi Liga 1 dihentikan seiring merebaknya wabah virus corona di Indonesia.

Tidak ingin kejenuhan menghampiri, Ricardo Salampesy memanfaatkan waktu luang untuk memperhatikan anak-anaknya, terutama tiga anaknya yang masih bersekolah, yakni Reno, Renata Sabrina, dan Reynhold Stephanus.

Ricardo Salampesy mengaku hampir setiap hari mendampingi ketiga anaknya mengerjakan tugas-tugas online dari guru masing-masing. Anak-anak Ricardo Salampesy harus belajar dari rumah mengingat saat ini aktivitas sekolah secara tatap muka masih dihentikan.

"Kegiatan sehari-hari masih tetap berlatih dengan program yang diberikan pelatih. Selain itu, membantu anak-anak menjalani sekolah online di rumah," kata Ricardo Salampesy kepada Bola.com, Senin (3/8/2020).

"Sampai saat ini anak-anak masih sekolah dari rumah karena sekolah belum dibuka. Yang paling tua sudah kelas 8 di SMP 5 Entrop dan yang dua lagi masih kelas 6 dan kelas 4 di SD KKK Jayapura," tambah bek Persipura Jayapura itu.

Video

2 dari 2 halaman

Merasa Lebih Senang walau Sulit

Selama mendampingi anak-anaknya belajar dan mengerjakan tugas sekolah, Ricardo Salampessy mengaku merasa lebih gembira jika dibandingkan kesulitan.

Mendampingi anak-anak belajar menjadi momen yang sangat berharga bagi Ricardo. Alasannya karena ketika kompetisi berjalan, waktu untuk mendampingi anak-anaknya sangat terbatas.

Selain memperlihatkan kasih sayang sebagai seorang ayah yang bertanggung jawab, Ricardo merasa lebih memahami tanggung jawab dari seorang guru di sekolah ketika mendampingi anak-anaknya belajar.

Beruntung sang istri, Stefanie mau berbagi tugas untuk menjadi guru dadakan sehingga tugasnya memecahkan soal-soal yang sulit bisa terbantu dengan baik.

"Sulit juga menjadi guru dadakan. Beruntung istri cepat tanggap, mau menangani sehingga anak-anak tidak mengalami kendala saat belajar," ujar pemain kelahiran Maluku itu.

"Namun, saya merasakan banyak kesenangan karena interaksi dengan anak-anak lebih banyak mengingat aktivitas tim belum berlangsung mengingat kompetisi belum berjalan," tutup Ricardo.

Video Populer

Foto Populer