Sukses


Indonesia Kehilangan Jatah di Liga Champions Asia 2021 dan 2022, Disambar Korea Utara

Bola.com, Jakarta - Indonesia kehilangan jatah satu tiket ke Liga Champions Asia (LCA) untuk musim 2021 dan 2021. Slot dari pemenang Shopee Liga 1 disambar oleh kampiun Liga Korea Utara.

Dalam tiga musim terakhir, jawara Shopee Liga 1 selalu melaju ke babak eliminasi pertama Liga Champions Asia, yang merupakan tahapan terbawah dari babak kualifikasi sebelum lolos ke babak penyisihan.

Dari perhitungan Footy Rankings, posisi Indonesia digeser oleh Korea Utara. Menariknya, wakil dari negara komunis tersebut tidak perlu merangkak dari babak kualifikasi alias langsung mendapatkan tiket ke babak penyisihan.

Bali United dan Persija Jakarta menjadi wakil Indonesia di Liga Champions Asia dalam tiga tahun terakhir.

Laju Bali United di Liga Champions Asia 2018 terhenti di babak eliminasi kedua setelah kalah 1-2 dari wakil Thailand, Chiangrai United dalam satu leg. Dua tahun berselang, tim berjulukan Serdadu Tridatu ini juga tersingkir di tahapan yang sama usai dibantai klub Australia, Melbourne Victory 0-5.

Adapun, jatah Indonesia untuk Piala AFC 2021 dan 2022 tidak berubah. Dua tim masih mendapatkan tiket, dengan satu klub mesti berjuang dari babak play-off.

Video

2 dari 2 halaman

Persija Tidak Lebih Baik dari Bali United

Pencapaian Persija di Liga Champions Asia tidak lebih baik dari Bali United. Langkah Macan Kemayoran juga terganjal di babak eliminasi kedua. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu tunduk di tangan tim Australia, Newcastle Jets 1-3.

Dalam tabel klasemen negara Asia, Indonesia berada di peringkat ke-28 dengan total poin 12.550.

Dalam pergaulan negara-negara Asia Tenggara, Indonesia hanya bercokol di posisi kelima. Di atasnya bercokol Thailand di posisi ke-8, Filipina ke-13, Vietnam ke-16, dan Malaysia ke-18.

Video Populer

Foto Populer