Sukses


130 Pemain Mengikuti Seleksi Garuda Select Jilid 3

Bola.com, Bogor - PSSI kembali menyelengggarakan program Garuda Select untuk mencari bakat-bakat pemain masa depan Timnas Indonesia. Untuk program jilid 3 ini PSSI menyeleksi 130 pemain.

Proses seleksi program Garuda Select Jilid 3 dilakukan di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, sampai 4 November 2020. Proses seleksi langsung dipantau oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri dan Direktur Sepak Bola Garuda Select, Dennis Wise beserta tim pelatihnya.

Indra Sjafri mengaku bersyukur program ini kembali bergulir meskipun diselenggarakan di tengah pandemi COVID-19. Menurut Indra Sjafri, para pemain yang mengikuti program ini berasal dari rekomendasi sejumlah pihak dan kompetisi yang diselenggarakan PSSI.

"Para pemain ini berasal dari kompetisi yang dilakukan PSSI sebelum pandemi COVID-19. Kompetisi tersebut seperti Piala Soeratin U-15 dan rekomendasi klub-klub anggota Elite Pro Academy U-16. Selain itu ada hasil pantauan (scouting) dari Dennis Wise dan tim pelatihnya," kata Indra Sjafri seperti dikutip situs resmi PSSI, Jumat (30/10/2020).

Proses seleksi Garuda Select memakai mekanisme degradasi. Indra Sjafri menyebut setiap harinya akan ada pengurangan pemain sampai benar-benar menemukan sosok yang terbaik.

“Proses seleksi, setiap hari ada pengurangan pemain. Pemain yang hari ini dinyatakan lulus seleksi, akan terus ikut program seleksi pada hari berikutnya, sementara yang tidak lolos akan dipulangkan," jelas Indra Sjafri.

"Pada hari terakhir akan didapatkan para pemain yang memenuhi standar untuk melanjutkan program utama Garuda Select yang rencananya akan diberangkatkan ke Inggris," tegas Indra Sjafri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Cari Sosok Terbaik

Direktur Sepak bola Garuda Select, Dennis Wise, mengaku pihaknya akan mencari sosok terbaik untuk skuat Garuda Select Jilid 3. Legenda Chelsea itu optimistis menemukan pemain yang tepat meskipun menggelar seleksi pada masa pandemi.

"Kami mencari pemain-pemain muda dari seluruh Indonesia yang sumbernya dari kompetisi usia muda PSSI dan pantauan kami. Mereka kami seleksi untuk kami bawa ke Inggris mereka harus menampilkan kemampuan terbaiknya di sini," ucap Dennis.

"Kami mencari pemain-pemain dengan standar kemampuan tinggi seperti David Maulana, Brylian Aldama, Braif Fatari dan alumni Garuda Select lainnya. Semakin banyak pemain-pemain Indonesia yang bisa merasakan atmosfer berlatih dan bertanding di Eropa, tentu akan semakin baik," tegas Dennis.

Video Populer

Foto Populer