Sukses


Asal Mula Pangeran Biru, Julukan Persib Selain Maung Bandung yang Melekat Hingga Kini

Bola.com, Jakarta - Persib Bandung dikenal dengan nama Pangeran Biru. Julukan tersebut melekat sejak dulu hingga kini. Legenda klub, Yugi Guntara, menjelaskan asal mula julukan tersebut.

Ya, selain Maung Bandung, Persib juga lekat dengan julukan Pangeran Biru. Dari namanya, tentu kita bisa menebak bahwa itu berasal dari warna kebesaran tim, yakni biru.

Dalam sebuah video yang diunggah channel resmi Persib, Augie Fantinus berada di store resmi klub dan bertemu dengan Zulham Zamrun dan legenda klub, Yudi Guntara.

Kedua pemain adalah ikon sepak bola Persib berbeda aman. Jika Zulham Zamrun menjadi andalan Maung Bandung pada era sekarang, maka Yudi Guntara adalah sosok yang berjasa pada era 1990an.

Yudi Guntara 'menantang' Augie untuk menjelaskan mengapa Persib mendapat julukan Pangeran Biru. Jika memang tahu, barulah ia layak disebut Bobotoh sejati.

"Kalau kamu memang beneran Bobotoh, kenapa sih Persib disebut Pangeran Biru, selain julukan Maung Bandung?" tanya Yudi kepada Yudi kepada Augi.

"Dari dulu Persib kan bajunya selalu warna biru," jawab Augi.

"Kebanyakan bilangnya begitu," kata Yudi. "Dulu zaman saya, itu dikasih sama media karena jarang mendapatkan kartu kuning maupun merah."

"Sifat-sifat pangeran di antaranya kan sopan, santun, jadi santun main bolanya. Persib adalah tim yang selalu sportif. Bukan kita-kita yang kasih julukan, karena mayoritas pemain Persib adalah pemain-pemain yang santun, di lapangan menghormati wasit," kata Yudi lagi.

Video

2 dari 2 halaman

Mengenang Laga Persib Vs AC Milan, Merendah Meski Dipuji Fabio Capello

Yudi Guntara mengenang satu dari sekian pertandingan paling berkesan sepanjang kariernya, yakni ketika Persib Bandung menantang jawara Eropa, AC Milan.

Yudi menceritakan, tak ada perasaan grogi berlebih menghadapi I Rossoneri. Sebab, Maung Bandung saat itu juga berstatus juara Perserikatan 1993-2994.

"Jadi sebelumnya itu kita juara Perserikatan 1993-1994. Kalau saya melihatnya ya, semua pemain bisa dikatakan sudah menemukan kekompakan," kata Yudi Guntara dalam sesi Ngobrol Bareng Legend di channel YouTube Persib.

"Tapi, memang ada beberapa pemain yang grogi. Saya pribadi bermain tidak grogi, biasa-biasa saja. Sebab saya punya modal, ya yang saya katakan tadi, yakni juara liga," katanya lagi.

Pada saat konferensi pers usai pertandingan, Fabio Capello, pelatih AC Milan kala itu, mengatakan bahwa ada pemain Persib yang menyita perhatiannya. Pemain yang dimaksud adalah Yudi Guntara, nomer punggung 5.

Mengetahui dirinya mendapat pujian dari sang alenatore, Yudi merasa bahwa itu adalah berkat modal kepercayaan diri tinggi jelang pertandingan.

"Mungkin itu ya Kang yang saya sampaikan barusan. Saya bermain enjoy, kami tidak menemukan grogi, karena itu modalnya, Persib datang sebagai juara 1993-1994.

Sumber: YouTube/Persib

Video Populer

Foto Populer