Sukses


Perjalanan Karier Elkan Baggott: Debut Sensasional, Dipoles Timnas Indonesia U-19, hingga Kontrak Profesional di Ipswich Town

Bola.com, Ipswich - Teka-teki masa depan Elkan Baggott akhirnya terungkap pada Kamis (28/1/2021). Pemain berusia 18 tahun itu berkomitmen untuk menandatangani kontrak profesional pertama bersama Ipswich Town.

Penandatanganan ini membuat Elkan Baggott mencetak sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang dikontrak klub Inggris. Hal ini tentu saja merupakan sebuah prestasi yang membanggakan.

"Bek tengah ini berkomitmen dengan Ipswich Town sampai 2023. Elkan Baggott telah menandatangani kontrak profesional pertamanya bersama Ipswich Town," bunyi keterangan resmi klub, Kamis (28/1/2021).

Elkan Baggott menandatangani kontrak berdurasi dua tahun plus opsi perpanjangan selama 12 bulan. Artinya, kontrak tersebut akan mengikat Elkan Baggott di Portman Road sampai usia 21 tahun.

Pemberian kontrak yang dilakukan Ipswich Town sebenarnya bukan hal yang mengagetkan. Elkan Baggott memang sudah menjadi buruan sejumlah klub elite berkat kemampuan apiknya di lini belakang Ipswich Town U-18.

Lantas, seperti apa perjalanan karier Elkan Baggott sebelum menandatangani kontrak profesional bersama Ipswich Town? Berikut ini penjabarannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 5 halaman

Debut Bersinar

Rabu (7/10/2021) menjadi hari yang bersejarah buat Elkan Baggott. Ketika itu, Elkan dipercaya tampil bersama tim senior Ipswich Town pada laga melawan Gilingham di EFL League One 2020/2021.

Dalam pertandingan yang digelar di Portmand Road itu, Elkan Baggott mendapatkan kepercayaan bermain sebagai starter di Ipswich Town. Pelatih Paul Lambert menduetkan Elkan Baggott dengan Luke Woolfenden di jantung pertahanan.

Duet tersebut membuat lini pertahanan Ipswich Town kukuh. Ipswich Town pun akhirnya berhasil meraih kemenangan dengan skor 2-0 melalui gol Armando Dobra (57') dan Ben Folami (75').

Pelatih Paul Lambert mengaku cukup puas dengan penampilan Elkan Baggott. Paul Lambert berjanji akan lebih sering memberikan kesempatan kepada Elkan.

"Saya telah melihat beberapa pemain sangat bagus. Siapapun yang membuat saya terkesan ketika saya datang dan menonton, kami akan memberi mereka kesempatan," tegas Paul Lambert.

Tak dinyanya, penampilan Elkan Baggott dalam laga tersebut menjadi penentu masa depannya di Ipswich Town. Bahkan, media Inggris mulai melabelinya sebagai pemain muda berbakat untuk masa depan.

3 dari 5 halaman

Dipoles Shin Tae-yong

Nama Elkan Baggott mulai dikenal publik Indonesia setelah masuk daftar pemain Timnas Indonesia U-19 di Jakarta pada Juli 2020. Ketika itu, sang pemain dipilih langsung oleh pelatih Shin Tae-yong.

Menurut Shin Tae-yong, postur tubuh menjadi pertimbangan utama yang diambil saat memanggil Elkan Baggott. Maklum, pemain blasteran Inggris itu punya postur tubuh 194 cm, ideal untuk bek tengah.

"Elkan memiliki postur tubuh yang tinggi. Itulah mengapa saya memilih dia. Ini masih latihan perdana. Saya belum bisa melihat kemampuan para pemain yang sebenarnya," kata Shin Tae-yong ketika itu.

Saat itu, Elkan Baggott hanya berlatih sekali bersama Timnas Indonesia U-19 dan memutuskan kembali ke Inggris. Meski demikian, Elkan kembali dipercaya untuk mengikuti pemusatan latihan di Kroasia.

Ketika itu, dia dipercaya bermain sebanyak dua pertandingan. Hasilnya, Timnas Indonesia U-19 tak terkalahkan bersama Elkan Baggott yang menghuni lini belakang.

Dalam dua pertandingan itu, gawang Timnas U-19 hanya kebobolan sekali. Penampilan apik tersebut lantas semakin membuat nama Elkan Baggott populer di Indonesia, bahkan hingga di Inggris.

"Elkan mungkin nanti bisa menjadi tumpuan pertahanan kami karena posturnya tinggi. Selain itu, dia tidak mudah dikalahkan saat berduel," tegas Shin Tae-yong.

 

4 dari 5 halaman

Dibidik Klub Premier League

Pada awal Januari 2021, masa depan Elkan Baggott menjadi spekulasi. Maklum, kontraknya di Ipswich Town U-18 akan berakhir pada 30 Juni 2021.

Ketika itu, Elkan Baggott kabarnya dikaitkan dengan tiga klub Premier League yakni West Ham United, Leeds United, hingga Manchester United. Ketiga klub itu dikabarkan terkesan dengan penampilan debut Elkan Baggott di Ipswich Town pada Oktober 2020.

"Penampilan Elkan Baggott telah membuat kegemparan di Ipswich Town. Tidak heran sejumlah klub tertarik dengan Elkan Baggott," tulis Rising Ballers.

Rumor kemudian semakin berkembang liar. Football Insider mengabarkan Elkan Baggott telah menolak tawaran perpanjangan kerja sama dari Ipswich Town.

"Seorang sumber perekrutan mengatakan kepada Football Insider, Leeds United dan West Ham United sama-sama mengejar Elkan Baggott pada bulan ini setelah dia menolak perpanjangan kontrak dari Ipswich Town," tulis Football Insider dalam pemberitaannya pada Rabu (6/1/2021).

Pemberitaan itu bahkan mencuri perhatian dari mantan pemain Timnas Inggris, Darren Bent. Ketika itu, Darren Bent menilai tak aneh bila Elkan Baggott menjadi buruan banyak klub Premier League, termasuk Leeds United.

"Leeds sudah jelas menilai pemain muda ini bisa lebih baik lagi sehingga saya sepenuhnya bisa memahami itu. Dia adalah pemain yang bagus," kata Darren Bent seperti dikutip Football Insider, Sabtu (9/1/2021).

"Dia mampu membaca permainan yang relatif baik untuk seorang pemain muda. Dia juga relatif nyaman ketika menguasai bola," ucap Darren Bent yang bermain untuk Ipswich Town rentang 2001-2005 itu.

Namun, semua rumor seputar karier Elkan Baggott akhirnya terbantahkan. Elkan Baggott sudah memutuskan untuk melanjutkan karier di Ipswich Town.

5 dari 5 halaman

Target Tinggi

Elkan Baggott kini mulai berani memasang target tinggi untuk kariernya di Ipswich Town. Elkan Baggott berharap, penandatanganan kontrak profesional ini bisa membuka peluang lebih besar bermain di tim senior.

Elkan Baggott berharap, dalam waktu dekat bisa mencatatkan debut di liga bersama Ipswich Town. Selain itu, Elkan juga menginginkan agar bisa lebih sering bermain dan tampil konsisten di tim senior.

"Saya tidak sabar untuk berkembang di sini. Saya memiliki beberapa tujuan dan target dalam pikiran saya untuk sisa musim ini," kata Elkan Baggott seperti dikutip situs resmi klub, Jumat (29/1/2021).

"Bersama tim utama, saya ingin mendapatkan debut di liga. Saya menginginkan itu terjadi pada sisa pertandingan musim ini dan berharap saya dapat terus berada di dalam skuat senior," tegas Elkan Baggott.

Video Populer

Foto Populer