Sukses


Uji Coba Timnas Indonesia Berjalan Lancar, Jadi Percontohan untuk Laga Sepak Bola di Tengah Pandemi

Bola.com, Jakarta - Publik sepak bola di Tanah Air patut bersyukur dengan laga uji coba Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo dan Bali United.

Ya, dua pertandingan itu menandai bangkitnya sepak bola Indonesia di masa pandemi COVID-19.

"Meskipun hanya laga uji coba pantas disyukuri pencinta sepak bola Tanah Air karena sepakbola Indonesia hidup lagi setelah mati suri hampir setahun terakhir," kata pengamat sepak bola, Kesit Budi Handoyo kepada Bola.com, Senin (8/3/2021).

Laga uji coba Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo dihelat di Stadion Madya, Senanyan, Jakarta, Jumat (5/3/2021), berakhir dengan kemenangan 2-0 untuk skuad Garuda.

Dua hari berikutnya, Timnas Indonesia melawan Bali United dan menang 3-1.

"Inilah kali pertama sebuah pertandingan resmi sepak bola di Indonesia dapat digelar di saat pandemi. Kendati harus digelar tanpa penonton dengan menerapkan protokol kesehatan super ketat," lanjutnya.

Beberapa protokol kesehatan dalam laga Timnas Indonesia di antaranya wajib tes PCR, pengecekan suhu sebelum masuk stadion, pemain dan semua orang yang terlibat di pertandingan menjaga jarak, dilarang selebrasi berkerumun, hingga larangan meludah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Obat Kangen dan Ajang Percontohan

Pertandingan Timnas Indonesia menjadi obat rindu pencita sepak bola Tanah Air meski hanya bisa menyaksikan lewat televisi Indosiar dan live streaming Vidio.

"Pertandingan ini bisa menjadi obat pelepas rindu masyarakat pencinta sepak bola Indonesia. Semoga saja laga ini bisa menjadi penyemangat buat masyarakat dalam melawan COVID-19," tambahnya.

Bukan haya itu, dampak positif lainnya adalah pertandingan uji coba itu membuat semua pemain, official dan pelatih kembali bergairah setelah satu tahun lamanya tidak ada aktivitas.

"Pemain juga kembali bergairah untuk bersiap menatap dimulainya lagi Liga yang jika tidak ada aral melintang akan diputar setelah Lebaran," kata Kesit.

Video Populer

Foto Populer