Sukses


Menpora Apresiasi Disiplin Protokol Kesehatan pada Uji Coba Timnas Indonesia, Berharap Diadaptasi di Piala Menpora 2021

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana dua pertandingan uji coba Timnas Indonesia dan PSSI yang mampu menerapkan disiplin protokol kesehatan secara ketat.

Zainudin berharap standar penerapan prokes ini bisa ditiru dan jadi acuan untuk kegiatan sepak bola dan olahraga lainnya.

Pertandingan uji coba Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo (5/3/2021) dan Bali United (7/3/2021) yang digelar di Stadion Madya, Jakarta, menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat. Contohnya adalah menggelar pertandingan tertutup tanpa penonton, pemeriksaan kesehatan ketat sejak memasuki stadion, jaga jarak selama di bangku cadangan, hingga selebrasi pemain yang tak berlebihan.

Zainudin Amali yang turut memastikan penerapan protokol kesehatan secara langsung di stadion puas dengan kinerja panitia pelaksana dan PSSI. Menurut Zainudin, apa yang ditunjukkan di lapangan sudah sesuai dengan janji dari pihak-pihak tersebut.

"Saya bersyukur, Alhamdulillah. Pada pelaksanaan kedua kegiatan itu protokol kesehatannya dijalankan dengan disiplin. Pada hari pertama saya hadir di Stadion Madya untuk memastikan apa yang disampaikan panitia saat bertemu kami sesuai dengan urut-urutannya," kata Zainudin Amali dalam konferensi pers virtual, Senin (8/3/2021).

"Saya pastikan sejak pemain datang, bus parkir, turun di mana, kamar ganti, dan masuk stadion seperti apa, saya lihat semuanya. Panitia dan PSSI benar-benar memenuhi janjinya sesuai dengan apa yang disampaikan ke kami," ujar Zainudin.

"Bahkan, ada hal yang ketika di luar itu sudah dimungkinkan, tetapi karena kita ingin menjaga dan membiasakan pemain masih berada alam suasana pandemi dan mereka patuhi. Bisa dilihat saat gol terjadi tidak ada selebrasi berlebihan. Penonton tidak ada satu pun yang datang," ucap Zainudin.

Penerapan protokol kesehatan yang ketat ini menjadi pembuktian buat Kepolisian Republik Indonesia yakni pertandingan sepak bola juga bisa digelar pada masa pandemi COVID-19. Setelah uji coba Timnas Indonesia, tantangan yang akan hadir adalah penerapan prokes pada Piala Menpora 2021.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Adaptasi untuk Piala Menpora

Menpora Zainudin Amali berharap, standar penerapan disiplin protokol kesehatan yang ketat dalam laga uji coba Timnas Indonesia ini bisa diadaptasi pada Piala Menpora 2021. Seperti diketahui, turnamen pramusim ini bakal menentukan kelanjutan musim baru Liga 1 2021.

Nasib Liga 1 2021 bakal ditentukan keberhasilan Piala Menpora 2021 dalam menerapkan protokol kesehatan selama turnamen. Hal inilah yang bakal menjadi tantangan buat PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator turnamen pramusim tersebut.

"Kebetulan dua pertandingan itu juga dihadiri Dirut LIB dan Dirut Operasional yang akan menyelenggarakan Piala Menpora nanti. Mudah-mudahan protokol kesehatan pada dua pertandingan itu sama akan diterapkan saat turnamen Piala Menpora," ujar Zainudin.

Video Populer

Foto Populer