Sukses


Wangsit Eks Persib buat Timnas Indonesia Jelang Duel Kontra UEA

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia tinggal menyisakan satu laga di babak kualifikasi grup G Piala Dunia 2022 kontra Uni Emirat Arab (UEA) di Zabeel Stadium, Dubai pada 11 Juni 2021.

Tim asuhan Shin Tae-yong ini tentu diharapkan bisa memetik kemenangan dilaga akhirnya setelah empat laga sebelumnya tidak pernah menang, yakni lawan Afghanistan, Oman, Thailand (2-2), bahkan kalah telak 0-4 oleh Vietnam.

Mantan pemain Persib Bandung dan Timnas Indonesia, Zaenal Arief berharap Evan Dimas dkk bisa lebih fokus dan konsentrasi penuh saat lawan Uni Emirat Arab nanti.

"Kekalahan-kekalahan sebelumya lupakan saja, lebih baik para pemain timnas tetap fokus walaupun sudah tidak berpengaruh lagi di Piala Dunia ini. Saya melihat saat lawan Thailand dan Vietnam, timnas kita sudah bagus," jelas Abo sapaan akrab Zaenal Arief saat dihubungi Bola.com, Rabu (9/6/2021) malam.

Dikatakan Abo, hasil yang sudah dilalui oleh tim asuhan Shin Tae-yong ini menjadi pelajaran untuk ke depan sebagai persiapan ajang-ajang tingkat internasional lainnya, semisal Piala AFF.

"Saya sebagai pemain sepak bola dan pernah membela timnas tentu harus tetap mendukung apapun hasilnya. Yang kita lihat progresnya, jangan melihat dari kekalahan saja, pelatih-pelatih dari luar juga begitu karena memang proses itu tidak semudah membalikan telapak tangan," tutur Abo.

Abo yang pernah memperkuat timnas pada 2002-2007 ini menilai bahwa kekurangan para pemain timnas di bawah kendali pelatih asal Korea Selatan itu karena kurangnya jam terbang bermain di level internasional.

"Menurut pandangan saya kemungkinan jam terbang main saja. Saya lihat banyak pemain menonjol di kompetisi dan saya juga menaruh ekspetasi ke timnas, tetapi target kita bukan di sini. Kita lihat progresnya untuk ke depan," kata Abo.

"Melihat permainan Timnas Indonesia, kekurangannya hanya hal yaitu komunikasi dan kurang konsentrasi saja, tapi saya yakin Shin Tae-yong lebih tahu dan paham dengan kekurangan timnas selama ini, kita beri kesempatan saja kepada pelatih dan pemain," tambah Abo.

 

 

2 dari 3 halaman

Jangan Terbebani

Abo berharap saat lawan UEA nanti, para pemain timnas Indonesia yang diturunkan Shin Tae-yong tidak merasa terbebani dengan lawan yang dihadapi.

"Jadi ketika menghadapi tim lawan, dalam pikiran itu jangan merasa bahwa lawan yang akan dihadapi berat. Memang secara postur tubuh, pemain-pemain Uni Emirat Arab itu tinggi-tinggi dan di atas rata-rata," ungkap Abo.

Untuk menghadapi UEA nanti, Egy Maulana Vikri bisa bermain cepat dari kaki ke kaki dan saat menguasai bola tidak cepat kehilangan bola. Terlebih secara chemistri tim Garuda sudah bagus.

"Saat menguasai bola jangan terlalu lama tapi secepatnya mengambil keputusan. Walaupun memang lawan ini kelasnya berbeda dan saya pikir Shin Tae-yong lebih tahu apa yang harus dilakukan saat lawan Arab nanti," tegas Abo.

"Apabila timnas kita tidak kebobolan oleh mereka, itu berarti sudah bagus karena mereka di atas rata-rata. Saya optimistis timnas di bawah Shin Tae-yong bisa berbicara, dengan catatan beri kesempatan, jangan sedikit-sedikit pelatih diganti," ungkap Abo.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer