Sukses


Official Store Arema FC Berupaya Bertahan di Tengah PPKM Darurat dan Liga 1 yang Vakum

Bola.com, Malang - Aktivitas kantor manajemen Arema FC bisa dibilang seperti mati ketika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diterapkan. Kantor manajemen Singo Edan itu menang tutup selama PPKM, tapi official store Arema FC yang berada di sebelahnya tetap buka.

Toko resmi merchandise Arema FC itu mencoba bertahan mencari pemasukan pada masa sulit seperti saat ini. Tidak ada aktivitas sepak bola membuat suporter enggan membeli merchandise klub.

"Mulai awal PPKM, official store tetap buka, tapi jam operasionalnya dikurangi. Pada jam 17.00 sudah tutup," ujar Manajer Official Store Arema FC, Tjiptadi Purnomo.

Tetap beroperasinya store ini bukan berarti mereka tidak menghormati PPKM. Mereka lebih banyak melayani penjualan online. Mayoritas pembeli berasal dari luar Malang Raya.

"Sekarang penjualan online yang mendominasi, sehari ada 10 hingga 20 item. Jumlah itu sudah lumayan ketika tidak ada even sepak bola dan saat PPKM seperti ini," lanjutnya.

Hebatnya, Arema FC tidak mengurangi karyawan yang ada di official store. Mereka tetap bekerja di store. Untungnya, biaya operasional mereka sudah tertutupi dari hasil penjualan saat ini.

"Alhamdulillah sekarang cukup untuk menghidupi operasional store," ujarnya.

Sebenarnya, bulan depan menjadi momen bagi official store ini panen pemasukan. Agustus merupakan bulan ulang tahun Arema FC. Biasanya, Aremania banyak berburu merchandise untuk digunakan pada 11 Agustus.

Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah daerah, sekolah, dan instansi swasta mewajibkan karyawannya memakai atribut Arema ketika itu. Official Store Arema biasanya membuat jersey atau t-shirt khusus ulang tahun.

Namun, karena saat ini masih daam pandemi virus corona, sepertinya hal tersebut sulit terjadi. Mereka tidak berencana membuat produk khusus ulang tahun Arema FC. "Tahun ini, Agustus kami ramaikan dengan diskon. Jika produksi merchandise baru, mungkin setelah kondisinya lebih baik," jelasnya.

Video

2 dari 2 halaman

Terbantu Perkenalan Pemain Baru

Penjualan online Official Store Arema FC bisa dibilang masih lumayan baik pada masa PPKM. Tjiptadi mengaku jika ada beberapa produk yang masih menjadi buruan fans, mulai dari jaket, jersey tandang musim 2021, dan t-shirt. Semua terbantu promosinya berkat perkenalan pemain baru.

"Kami sudah terlanjur produksi barang-barang itu ketika informasi Liga 1 akan bergulir pada awal Juli. Ketika kompetisi kembali mundur, memang ada rasa khawatir untuk penjualannya. Untungnya ada sesi perkenalan pemain baru. Mereka mengenakan jaket dan beberapa produk ketika perkenalan. Itu membantu penjualannya," ujar Tjiptadi.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Arema FC memperkenalkan tiga pemain asing, Renshi Yamaguchi, Adilson Maringa, dan Carlos Fortes. Dalam video perkenalan dan sesi jumpa pers, mereka memakai jaket baru. Produk itu yang saat ini lumayan laris melalui penjualan online.

"Kalau ada pertandingan, pasti akan lebih banyak penjualannya. Ketika pre-order jersey tandang saja, ada 513 pembeli. Tapi, ketika itu belum ada informasi bahwa kompetisi mundur," lanjutnya.

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Video Populer

Foto Populer