Sukses


Tunggu Situasi COVID-19, Venue Pembukaan BRI Liga 1 Masih Jadi Misteri

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, belum bisa memastikan lokasi pembukaan BRI Liga 1 2021/2022. Menurut Zainudin, hal itu nantinya akan disesuaikan dengan situasi COVID-19 di daerah-daerah di Indonesia.

Zainudin Amali menyebut, penentuan lokasi pembukaan BRI Liga 1 2021/2022 akan diumumkan oleh PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Nantinya, laga pembuka musim akan dilakukan di daerah yang level penyebaran COVID-19 rendah.

Daerah yang akan menggelar laga pembuka BRI Liga 1 2021/2022 harus berada dalam level penyebaran COVID-19 2 ke bawah. Hal ini dilakukan agar bisa memaksimalkan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Soal tempat, PSSI dan PT LIB segera menentukan penyelenggaraannya yang sudah ditentukan dalam level yang rendah penyebaran COVID-nya," kata Zainudin Amali.

Kompetisi musim ini diharapkan bisa mendukung program 5M yang digaungkan pemerintah dalam mengurangi penyebaran COVID-19. Sepanjang kompetisi, PSSI dan PT LIB diingatkan akan penerapan protokol kesehatan yang ketat yakni berupa pemeriksaan swab antigen secara berkala.

"Yang penting untuk satu kepastian kepada klub dan pemain sudah ada tanggal. Maka saya umumkan resmi atas persetujuan pihak-pihak terkait yaitu tanggal 27," tegas Zainudin Amali.

Kick-off BRI Liga 1 2021/2022 akan berlangsung pada 27 Agustus 2021. Kompetisi digelar secara tertutup yakni tanpa kehadiran penonton sehingga bisa mengurangi kemungkinan terjadinya interaksi yang membuka peluang klaster penyebaran COVID-19.

Kompetisi musim ini juga akan berbeda karena menerapkan sistem bubble to bubble. Upaya tersebut dilakukan agar penerapan protokol kesehatan bisa terpantau sehingga mengurangi mobilitas dari para pemain.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Tak Keberatan

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali juga menyatakan PSSI telah setuju dengan penetapan kick-off BRI Liga 1 musim ini pada 27 Agustus 2021. Amali mengatakan, hal itu berdasarkan kesepakatan dengan Mabes Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Kami sudah komunikasikan kepada PSSI terkait kick-off BRI Liga 1, dan mereka tidak keberatan dengan keputusan kami tersebut," kata Amali dalam konferensi pers virtual.

"Sehingga secara teknis, PSSI tinggal mempersiapkan bergulirnya BRI Liga 1. PSSI dan PT LIB akan memutar kompetisi di zona yang rendah penyebaran COVID-19," jelas menteri berusia 59 tahun tersebut.

Video Populer

Foto Populer