Sukses


Jelang Bentrok di BRI Liga 1, Jacksen Tiago Sanjung Iwan Setiawan: Dia Pelatih yang Sangat Pintar

Bola.com, Bekasi - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, menyanjung arsitek Persela Lamongan, Iwan Setiawan. Begitu pun sebaliknya. Alih-alih melancarkan perang urat syaraf, keduanya memilih untuk saling memuji satu sama lain.

Persipura Jayapura akan berhadapan dengan Persela pada pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 pada Jumat (10/9/2021) di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi.

"Di Persela, ada seorang pelatih yang saya sangat respek," kata Jacksen Tiago membuka pujiannya kepada Iwan Setiawan dalam konferensi pers virtual sebelum pertandingan, Kamis (9/9/2021).

Jacksen Tiago mengenang momen di pengujung kariernya sebagai pemain dan di awal kiprahnya menjadi pelatih. Kala itu, Iwan Setiawan disebutnya telah wara-wiri di media massa sebagai pandit sepak bola Indonesia.

Jacksen Tiago dan Iwan Setiawan seumuran. Keduanya sama-sama berusia 53 tahun. Namun, ketika masih bermain, nama terakhir lebih dulu pensiun dan banting setir sebagai pelatih pada 1997.

Sementara, kiprah kepelatihan Jacksen Tiago baru dimulai lima tahun berselang sejak Iwan Setiawan menekuni profesi sebagai nakhoda tim.

"Dalam wawancara dengan wartawan beberapa hari lalu, saya sampaikan bahwa mungkin usia saya dengan coach Iwan hampir sama. Namun, dulu, beliau sering melakukan analisis di media massa ketika saya masih bermain dan memulai karier menjadi pelatih," imbuh Jacksen Tiago.

"Itu selalu menjadi perhatian saya. Ada seorang pelatih yang sangat pintar di Persela dan kami harus benar-benar detail untuk bisa memenangkan pertandingan nanti," jelas pelatih asal Brasil tersebut.

2 dari 3 halaman

Iwan Setiawan Puji Jacksen Tiago

Dalam konferensi pers itu, Iwan Setiawan lebih dulu memuji Jacksen Tiago.

Iwan Setiawan menganggap bahwa Jacksen Tiago adalah pelatih yang tepat bagi Persipura berdasarkan histori selama ini.

Jacksen Tiago telah tiga kali mempersembahkan gelar juara Liga Indonesia untuk Persipura pada 2008/2009, 2010/2011, dan 2013.

Iwan Setiawan melihat, filosofi Jacksen Tiago begitu cocok dengan karakteristik tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut.

"Yang patut kami waspadai dari Persipura adalah kolaborasi coach Jacksen dengan Persipura. Ini menarik. Mungkin kita semua sepakat bahwa filosofi Jacksen Tiago itu sangat kuat," imbuh Iwan Setiawan.

"Chemistry Jacksen itu pas dengan anak-anak Papua. Itu menjadi kolaborasi antara filosofi coach Jacksen dengan karakteristik anak-anak Papua."

"Ini yang patut kami waspadai karena Persipura bisa saja membuat suatu kejutan. Sebab sebelumnya, Persipura berhasil menorehkan prestasi yang luar biasa di sepak bola Indonesia," ujar pelatih yang acap menuai kontroversi itu.

3 dari 3 halaman

Jadwal Persela Vs Persipura

Pekan Kedua BRI Liga 1

Jumat, 10 September 2021

  • Persela Lamongan Vs Persipura Jayapura
  • Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi
  • Kick-off 15.15 WIB
  • Live Streaming Vidio

Video Populer

Foto Populer