Sukses


BRI Liga 1: Todd Ferre Hampir Sempurna untuk Persipura, Tinggal Kontrol Emosi Saja

Bola.com, Bekasi - Todd Ferre bukan sekadar permata bagi Persipura Jayapura. Dia lebih berharga dari itu. Tanpa disadari, ia memikul beban berat sebagai penerus Boaz Solossa di tim berjuluk Mutiara Hitam ini.

Boaz pergi dari Persipura dengan cara yang kurang baik. Bersama pemain senior lainnya, ia dipecat oleh Mutiara Hitam dengan tuduhan indisipliner berat dan berulang.

Selama ini, Boaz bukan hanya berperan sebagai pemain untuk Persipura. Namun, ia juga menjadi kapten dan representasi masyarakat Papua. Di usia emasnya, Boaz mampu memberikan tiga gelar Liga Indonesia bagi Mutiara Hitam.

Begitu Boaz hengkang, untungnya, Persipura telah mempersiapkan penerus dirinya dalam diri Todd Ferre.

Todd Ferre adalah anak muda ajaib. Namanya populer ketika hampir membawa Timnas Indonesia U-19 comeback ketika melawan Qatar U-19 pada 2018. Kala itu, Timnas U-19 tertinggal 1-6. Ketika Todd masuk, timnas U-19 mampu mengejar hingga 5-6 dan ia mencetak hattrick.

"Sebenarnya kalau bicara Todd Ferre, kami tidak punya kekhawatiran terhadap performanya. Bisa dikatakan, dia sudah menjadi kenyataan bagi kami," kata pelatih Persipura, Jacksen Tiago mengomentari kualitas Todd Ferre.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Banjir Penghargaan pada 2019

Liga 1 2019 menjadi musim bergelimang prestasi bagi Todd Ferre. Selain berhasil mengantar Persipura duduk di peringkat ketiga, ia juga menyabet status sebagai pemain muda terbaik kompetisi.

Selain itu, Todd Ferre juga masuk ke dalam Liga 1 Team of The Season dan didapuk sebagai pemain muda terbaik Indonesian Soccer Awards 2019. Di musim itu, Todd Ferre mampu mendulang enam gol dan delapan assists dari 29 penampilannya untuk Persipura.

Performa sensasional Todd Ferre di tahun itu membuka jalannya untuk berkiprah di luar negeri. Klub K League 2 atau kasta kedua Liga Thailand, Lampang FC meminjamnya untuk setengah musim.

"Contohnya, Todd Ferre bisa menjadi pemain muda terbaik Liga 1 2019. Dia juga bisa bermain di Thailand. Sehingga soal dia, sudah menjadi kenyataan bagi kami. Kami tidak perlu punya kekhawatiran dengan performa dia," tutur Jacksen.

3 dari 4 halaman

Tinggal Kontrol Emosi

Sebagai gelandang serang, Todd Ferre dianugerahi kecepatan dan skill individu yang tinggi. Namun, ia juga punya kelemahan yang menjadi musuh nomor satu pesepak bola.

Emosi Todd Ferre masih kerap meledak-ledak. Kata Jacksen, kekurangannya itu perlu diperbaiki sebab sewaktu-waktu dapat merugikannya.

"Kita tahu dia punya kemampuan yang luar biasa. Dia tinggal menjaga emosinya saja. Kelemahan dia ada di faktor emosional. Kalau dia bisa menjaga kestabilan emosinya, saya rasa performa dia tidak akan terganggu," papar Jacksen.

Jacksen akan memercayakan Todd Ferre ketika Persipura berhadapan dengan Persela Lamongan. Kedua tim bakal berhadapan pada pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi, Jumat (10/9/2021).

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Persipura Saat Ini?

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer