Sukses


Prediksi Persebaya vs Persela di BRI Liga 1: Fokus Incar Kemenangan meski Skuad Tidak Komplet

Bola.com, Sleman - Persela Lamongan untuk kali ketiga secara berturut-turut akan menjalani derbi Jawa Timur. Kali ini Persebaya Surabaya yang akan menjadi lawan dari Laskar Joko Tingkir itu pada pekan kedelapan BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (21/10/2021).

Duel ini seolah menjadi ajang reuni bagi pelatih kedua tim. Aji Santoso tercatat pernah menangani Persela Lamongan pada musim 2017, tahun yang sama dengan Iwan Setiawan yang mengarsiteki Persebaya Surabaya. Kini Iwan melatih Persela, sementara Aji bersama Persebaya.

Aji Santoso pernah menangani klub asal Kota Soto itu dalam dua periode yang berbeda, yaitu pada 2016 dan 2017 hingga 2019. Artinya, sudah lebih dari dua tahun Aji memutuskan berpisah dengan Persela dan baru berjumpa di Liga 1 pada kesempatan kali ini.

"Saya memang beberapa tahun di Persela, jadi sudah mengetahui bagaimana Persela. Namun, ini kan masanya sudah berbeda, waktunya juga sudah berbeda," ujar Aji Santoso dalam jumpa pers sebelum laga, Rabu (20/10/2021).

"Mungkin saya tahu beberapa pemain, karakteristiknya bagaimana, cara bermainnya bagaimana. Tapi, dengan keberadaan Coach Iwan, pasti akan banyak terjadi perubahan. Bagaimanapun, pemain harus mengikuti cara bermain yang menjadi keinginan seorang pelatih," lanjut pelatih Persebaya Surabaya tersebut.

 

2 dari 6 halaman

Persebaya Tidak Komplet

Persebaya Surabaya punya catatan manis ketika berjumpa Persela selama 2021, di mana Bajul Ijo selalu meraih kemenangan dalam tiga pertemuan. Satu di antaranya terjadi di fase grup Piala Menpora 2021 dan dua lainnya merupakan laga uji coba pramusim.

"Menurut saya peluang untuk mendapatkan 3 poin itu selalu ada, tapi saya tidak ingin mendahului kehendak Tuhan. Asalkan kami bisa bermain dengan sesuai ciri khas Persebaya, saya yakin kami bisa memenangkan pertandinga," tegasnya.

Tim asal Kota Pahlawan itu tidak bisa menampilkan kekuatan penuh dalam duel ini. Tiga pemain muda dipastikan absen karena membela Timnas Indonesia U-23. Ketiganya adalah Ernando Ari Sutaryadi, Rizky Ridho, dan Rachmat Irianto.

Selain itu, Persebaya tidak bisa tampil dengan full team lantaran gelandang Bruno Moreira mendapatkan hukuman larangan bertanding. Pemain berusia 22 tahun itu sebenarnya sedang on fire dan menjadi kunci permainan Bajul Ijo.

"Kami juga sudah mengantisipasi tidak bisa bermainnya Bruno. Tapi, secara keseluruhan tim kami sangat siap untuk pertandingan ini. Satu yang terpenting bagi kami adalah pemain bisa tampil maksimal," lanjut pelatih Persebaya Surabaya berusia 51 tahun itu.

 

3 dari 6 halaman

Jangan Pandang Sebelah Mata

Sementara itu, pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan, enggan meremehkan kekuatan Persebaya Surabaya yang terpaksa tampil tanpa kekuatan penuh. Tanpa nama-nama itu, Iwan Setiawan merasa Persebaya tetap calon lawan yang harus diwaspadai.

"Kami tidak boleh terlena dengan absennya Bruno. Kami tetap fokus pertandingan ini menghadapi tim terbaik yang ada di Indonesia. Persebaya tim terbaik dengan skuad terbaik, artinya meski Bruno Moreira tidak bisa bermain, Persebaya dihuni pemain-pemain muda terbaik di Indonesia.

Persela juga tidak bisa menurunkan kekuatan penuh karena gelandang muda Akbar juga mendapatkan larangan bertanding. Namun, secara keseluruhan pemain lain siap tampil menghadapi Persebaya.

"Hanya Akbar yang kemarin terkena kartu merah, selebihnya pemain lain siap. Pengganti Akbar sudah kami persiapkan, tapi mungkin agak berbeda karakter," ujar Iwan Setiawan.

 

4 dari 6 halaman

Persebaya Lebih Unggul

Bicara di atas kertas, Persebaya Surabaya akan lebih diunggulkan untuk memetik poin penuh dalam duel ini. Mereka memiliki modal apik untuk bisa meraup poin penuh ketika menghadapi Persela, selain tiga pertemuan dalam tiga pertemuan pada tahun ini.

Persebaya juga tercatat dua kali menundukkan Persela dalam empat pertemuan Liga 1 sejak 2018. Rekor itu lebih banyak dari Laskar Joko Tingkir yang hanya pernah satu kali menang.

Selain itu, Bajul Ijo juga menduduki posisi klasemen yang lebih baik dengan menempati peringkat kesembilan dengan sembilan poin. Bandingkan saja dengan Persela yang berada di papan bawah, tepatnya di peringkat ke-14 dengan tujuh poin.

Catatan produktivitas gol juga menempatkan Persebaya sebagai kontestan Liga 1 dengan koleksi gol terbanyak, yaitu telah mencetak 13 gol. Sebaliknya, Persela malah merupakan tim dengan rekening gol paling sedikit, yaitu lima gol saja.

 

5 dari 6 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Persebaya (4-3-3): Andhika Ramadhani (kiper); Ady Setiawan, Alie Sesay, Arif Satria, Reva Adi Utama (belakang); Muhammad Hidayat, Ricky Kambuaya, Hambali Tolib (tengah); Samsul Arif, Jose Wilkson, Taisei Marukawa (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Persela (4-3-3): Dwi Kuswanto (kiper); Birrul Walidain, Demerson Bruno Costa, Moch Zaenuri, Nasir (belakang); Ahmad Bustomi, Gian Zola, Jabar Sharza (tengah); Malik Risaldi, Ivan Carlos, Riyatno Abiyoso (depan)

Pelatih: Iwan Setiawan

Prediksi Bola.com: Persebaya Surabaya 60-40 Persela Lamongan

Live Indosiar

Kamis, 21 Oktober 2021

Pukul: 20.30 WIB

6 dari 6 halaman

Posisi Persebaya dan Persela di BRI Liga 1 Saat Ini

Video Populer

Foto Populer