Sukses


Persebaya Lagi Panen Kiper: Ernando Apik di Timnas Indonesia U-23, Andhika Ramadhani Penghalang Tembakan Persija di BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Kiper Andhika Ramadhani benar-benar tampil luar biasa di bawah mistar Persebaya Surabaya saat berjumpa Persija Jakarta. Dia berperan penting membawa Persebaya menang 1-0 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (26/10/2021) malam.

Tercatat, Andhika melakukan delapan penyelamatan terhadap tembakan pemain Persija dalam duel pekan kesembilan BRI Liga 1 2021/2022 tersebut. Marko Simic dkk. benar-benar dibuat frustasi dengan penampilan apik kiper berusia 22 tahun itu.

Dari delapan penyelamatan itu, lima di antaranya adalah hasil upaya Simic. Dia beberapa kali memegang kepala setiap melihat peluang emasnya digagalkan Andhika. Maklum, striker asal Kroasia ini unjung andalan Persija yang haus gol.

Tidak cuma itu, Andhika juga sangat sigap dalam memotong umpan silang yang biasanya dikirim oleh Riko Simanjuntak dari sayap kanan. Dia berani berinisiatif maju menangkap bola sebelum disambar oleh pemain Persija di kotak penalti.

Saat wasit Faulur Rosy meniup peluit panjang, Andhika menjadi pemain pertama yang menangis harus di atas lapangan. Sebab, penampilan apiknya mendapat ganjaran tiga poin untuk tim yang sedang dibelanya.

Gol tunggal kemenangan Persebaya Surabaya atas Persija ini dicetak oleh Taisei Marukawa pada menit ke-25. Dia mampu memanfaatkan kesalahan bek Persija, Otavio Dutra dan Rezaldi Hehanusa, sebelum mengecoh kiper Andritany Ardhiyasa.

2 dari 4 halaman

Ernando Unjuk Gigi di Timnas Indonesia U-23

Selain itu, hasil ini membuat Persebaya Surabaya juga membukukan cleansheet alias nirbobol pertama dalam laga BRI Liga 1 2021/2022. Dan itu juga berkat kerja keras Andhika yang mampu menghalau setiap serangan Persija.

Menariknya, Andhika sendiri sebenarnya berstatus sebagai kiper ketiga di skuat Persebaya musim ini. Dia baru promosi ke tim senior pada 2020 setelah membawa Persebaya U-20 menjuarai Elite Pro Academy U-20 2019.

Kiper pertama Persebaya adalah Satria Tama, tapi dia harus menepi karena cedera sebelum BRI Liga 1 digelar. Lalu, kiper kedua Ernando Ari Sutaryadi terpaksa absen karena di hari yang sama membela Timnas Indonesia U-23 melawan Australia.

Persebaya kini menjadi klub penghasil kiper top. Sebab, Ernando pun tampil ciamik melawan Australia dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Selasa malam. Bedanya, dia harus kebobolan tiga gol karena Timnas Indonesia kalah 2-3.

Hasil ini sekaligus membuat Persebaya tidak terkalahkan dalam enam pertandingan beruntun kontra Persija di semua ajang. Lagi-lagi, tren positif berjumpa Macan Kemayoran ini berhasil diteruskan berkat penampilan impresif Andhika.

3 dari 4 halaman

Hasil BRI Liga 1

25/10/2021

  • Persipura Jayapura 0-1 Barito Putera
  • Persela Lamongan 1-0 Persik Kediri

26/10/2021

  • PSM Makassar 0-0 Persikabo 1973
  • PSIS Semarang 0-1 Persib Bandung
  • Persija Jakarta 0-1 Persebaya Surabaya

 

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer