Sukses


Pasang Surut Rivalitas Persija Vs Persib di BRI Liga 1: dari yang Dulunya Panas, Sekarang Berangsur Adem?

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2021/2022 kembali berlanjut untuk mulai masuk seri ketiga yang dipusatkan di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Pertandingan pekan ke-12 akan langsung dihiasi duel klasik penuh rivalitas, Persib Bandung bersua Persija Jakarta di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (20/11/2021).

Berbicara pertemuan kedua tim, Persib dan Persija punya sejarah rivalitas panjang dalam dua dekade belakangan. Persaingan antarkeduanya bukan meruncing di atas lapangan, melainkan di luar lapangan.

Permusuhan antara The Jakmania, pendukung Persija, dan Bobotoh, loyalis Persib, menjadi pangkal penyebabnya. Entah siapa yang memulai sebab kedua kubu saling menuding, pergesekan kedua suporter di satu stasiun televisi swasta pada era 2000-an menyebarkan virus negatif kebencian turun menurun.

Efek negatif dirasakan ketika Persija bertandang ke Bandung atau sebaliknya saat Persib menyambangi Jakarta. Suporter kedua tim kerap melancarkan aksi teror. Pemandangan menumpang kendaraan taktis (rantis) model barracuda dari lokasi penginapan menujuk stadion menjadi sesuatu yang lumrah.

Cerita pilu tewasnya sejumlah suporter dari kedua klub membuat bara api permusuhan semakin panas.

Dendam kesumat merasuki kedua paguyuban suporter. Dari mulai level pengurus teras hingga massa akar rumput. Kata-kata kasar atau tulisan berbau penghinaan bertebaran di stadion baik ketika Persija Jakarta menjadi tuan rumah atau Persib.

2 dari 5 halaman

Perlahan Mereda

Sejak meninggalnya seorang Bobotoh, Ricko Andrean pada 2017 dan seorang The Jakmania, Haringga Sirila, setahun berselang, kedua kelompok suporter terus berefleksi untuk minimal menurunkan tensi permusuhan.

Pertemuan kedua tim pada 2019 menjadi buktinya. Untuk pertama kali sejak lima tahun terakhir, Persija bisa menjamu Persib di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, dengan penonton.

Pertandingan tidak berakhir memuaskan untuk tuan rumah. Persija diimbangi Persib 1-1. Positifnya, The Jakmania mulai bisa menerima hasil itu dengan lapang dada, tidak ada luapan kekecewaan dalam bentuk kekerasan.

"Buat suporter terkhusus mungkin Bobotoh dan The Jakmania, selalu saya sampaikan bahwa bersatulah kalian demi bangsa itu, bersatulah kalian demi bangsa, kami saudara semuanya," kata kapten Persib, Supardi Nasir.

Meredanya hawa perseteruan kedua pendukung juga disebabkan faktor usia. Suporter yang pernah terlibat permusuhan di eranya, tidak lagi terpancing seiring dengan pergeseran zaman dan berjalannya waktu. Kekerasan menjadi cara kuno untuk menunjukkan siapa yang terhebad di antara keduanya.

Selain itu, vakumnya kompetisi sepak bola selama setahun membuat Bobotoh dan The Jakmania mulai melupakan perseteruan di antara keduanya. Masing-masing kubu harus berjuang untuk merawat kehidupan di tengah gempuran pandemi COVID-19 yang tidak kunjung usai.

3 dari 5 halaman

Berkaca di Piala Menpora

Final Piala Menpora yang digelar di Solo pada April 2021 lalu, menjadi pertemuan pertama Persib dan Persija untuk tampil di sebuah partai puncak sejak era Liga Indonesia pada 1994.

Kedua tim telah bertemu 39 kali di Liga Indonesia sejak 27 tahun silam. Persija masih unggul dengan 17 kemenangan, 16 imbang, dan enam kemenangan untuk Persib.

Namun, dalam enam pertandingan terakhir atau sejak Liga 1 2017, kedua tim berimbang. Persija dan Persib sama-sama mendulang dua kemenangan.

Di Piala Menpora, Persib punya rekam jejak yang lebih bagus ketimbang Persija. Tim berjulukan Pangeran Biru itu tidak terkalahkan dalam enam laga dengan rekor empat kemenangan dan dua kali imbang.

Dari enam partai di Piala Menpora, Persija meraih tiga kemenangan, dua kali seri, dan sekali kalah. Satu-satunya hasil minor didapatkan tim ibu kota ketika dihajar PSM Makassar 0-2 pada babak penyisihan.

Namun dalam partai final, Persib harus mengakui keunggulan Persija dengan agreat 1-5. Persib selalu menelan kekalahan dalam dua laga final baik di Sleman dan di Solo.

Selama masa pandemi COVID-19, ikut memaksa penonton tidak hadir di stadion. Sekaligus membuat kelompok suporter Persib dan Persija masih dalam suasana adem.

4 dari 5 halaman

Jadwal Persib Vs Persija

Sabtu, 20 November 2021

Persib Bandung Vs Persija Jakarta

Stadion Manahan, Solo

Kick-off: pukul 21.00 WIB

Siaran langsung: Indosiar

Live streaming: Vidio

5 dari 5 halaman

Intip Persaingan Persib dan Persija di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer