Sukses


BRI Liga 1: Arthur Irawan Gabung Persik, Siapa Bakal Jadi Korban?

Bola.com, Kediri - Manajemen Persik Kediri telah resmi mengumumkan perekrutan Arthur Irawan untuk putaran kedua BRI Liga 1 2021-2022, Selasa (23/11/2021). Eks pemain PSS Sleman itu akan menambah kekuatan lini belakang Persik.

Keputusan ikatan kerja sama ini terbilang cukup cepat. Terhitung hanya empat hari setelah pemain yang pernah merumput bersama Espanyol B ini berpisah dari PSS Sleman dan kemudian bergabung ke Persik Kediri.

Hal yang menarik untuk dikupas adalah dengan masuknya Arthur Irawan ke kandang Macan Putih tentu membawa konsekuensi bagi pemain lain.

Selama ini Arthur bisa bermain setidaknya di tiga posisi yakni bek kanan, kiri, dan gelandang bertahan. Jika dia ingin tampil reguler sebagai starter, Arthur harus menyisihkan rival setim di Persik.

Di full back kanan, Persik Kediri memiliki dua sosok cukup tangguh yakni Ibrahim Sanjaya dan Agil Munawar. Untuk Ibrahim Sanjaya tak ada masalah. Pasalnya bek muda asal NTT ini jarang dimainkan.

 

2 dari 4 halaman

Persaingan Berat

Pesaing terberat bagi Arthur Irawan tinggal Agil Munawar. Namun, jika diamati penampilan Agil di beberapa laga sangat cemerlang. Kesimpulannya, Arthur bakal sulit menggeser posisi mantan bek Arema FC ini.

Di sektor bek kiri lebih berat lagi. Karena Arthur bersaing dengan Dany Saputra, kapten tim sekaligus ikon Persik. Tapi pemain asli Kediri tak bisa berpangku tangan lagi.

Jika Dany Saputra melakukan kesalahan berakibat hukuman penalti seperti saat dikalahkan Arema FC 3-2 pada pekan ke-12 lalu, pelatih Javier Roca bisa saja mendudukkan Dany di bangku cadangan.

3 dari 4 halaman

Berganti Posisi

Kemungkinan terbesar bagi Arthur Irawan bisa bermain cuma di sektor gelandang. Apalagi jenderal lapangan tengah, Ahmad Agung, bakal absen cukup lama karena membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Jika manajemen dan pelatih Javier Roca obyektif, rasanya Arthur Irawan harus bekerja ekstra keras menyingkirkan pemain lama Persik.

Namun, bila kejadian di PSS terulang karena Arthur sebagai anak dari pemilik saham mayoritas klub Effy Soenarni Soeharsono, maka siap-siap penggawa lama Persik makan hati.

Namun, hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak Persik. Apakah bergabungnya Arthur Irawan diikuti pembelian saham oleh Effy Soenarni Soeharsono.

4 dari 4 halaman

Tengok Posisi Persik di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer