Sukses


Timnas Indonesia Dibobol Pemain Kontroversial Timor Leste Gali Freitas, Shin Tae-yong Marah-marah

Bola.com, Gianyar - Timnas Indonesia bermain buruk pada babak pertama ketika beruji coba dengan Timor Leste. Tim berjuluk Skuad Garuda itu kebobolan oleh Gali Freitas pada menit ke-35.

Meski begitu, Timnas Indonesia masih mampu memenangkan pertandingan. Skuad Garuda berhasil mengalahkan Timor Leste 4-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022) malam WIB.

Ricky Kambuaya memelopori comeback Timnas Indonesia dengan golnya pada menit ke-65, disusul tendangan penalti Pratama Arhan menit ke-73, dan dua gol bunuh diri pemain Timor Leste, Georgino Mendonca menit ke-77 dan Filomeno Junior menit ke-80.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong geram dengan permainan Evan Dimas dkk. sepanjang 45 menit pertama. Arsitek asal Korea Selatan itu berencana mengevaluasi seluruh pemain.

"Setelah babak pertama selesai, saya menegur keras dan marah kepada para pemain," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers setelah pertandingan.

"Performa Timnas Indonesia pada babak pertama harus dievaluasi. Dengan performa yang seperti ini, Timnas Indonesia tidak akan bisa menjadi tim yang kuat di Asia Tenggara."

"Bukan hanya saya saja, tapi semua pemain juga harus dievaluasi. Saya akan berusaha lebih agar tidak terjadi seperti ini lagi," jelas arsitek asal Korea Selatan tersebut.

2 dari 3 halaman

Si Kontroversial Gali Freitas

Pencetak gol Timor Leste ke gawang Timnas Indonesia, Gali Freitas bermain impresif di sayap kanan. Gelandang Lalenok United itu juga membuat timnya mendapatkan penalti, namun gagal dimanfaatkan Mouzinho de Lima.

Pemain bernama lengkap Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas itu sempat tersangkut kasus dugaan pencurian umur dalam Piala AFF U-15 2019 pada Juli 2019 di Thailand.

Kala itu, Gali Freitas dianggap telah berusia 22 tahun berdasarkan data dirinya yang beredar di dunia maya, termasuk Transfermarkt yang notabene situs rujukan statistik terpercaya.

Namun, Timor Leste mengklaim Gali Freitas masih berumur 15 tahun sesuai dengan tanggal dan tahun lahirnya pada 31 Desember 2004.

Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (ASEAN) lalu menginvestigasi kecurigaan pencurian umur Gali Freitas, namun memvonis sang pemain bebas dari segala tuduhan seusai melakukan pemeriksaan dokumen dan rekam jejak medis.

Masalahnya, Gali Freitas kerap bermain di Timor Leste lintas-usia dalam beberapa tahun belakangan dengan usia yang berubah-ubah.

Di Piala AFF 2018 bersama Timor Leste senior, misalnya, profil Gali Freitas di situs turnamen bergengsi antarnegara Asia Tenggara (ASEAN) itu tertera berusia 22 tahun.

Jika benar Gali Freitas lahir pada 31 Desember 2004, maka pemain kontroversial itu masih berusia 16 tahun alias bau kencur ketika Piala AFF 2020 dimulai.

Timnas Indonesia akan kembali beruji coba dengan Timor Leste pada Minggu (30/1/2022) malam WIB di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia Vs Timor Leste

Timnas Indonesia Vs Timor Leste

  • Minggu, 30 Januari 2022
  • Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar
  • Kick-off 19.00 WIB
  • Live Indosiar dan Live Streaming Vidio

Video Populer

Foto Populer