Sukses


BRI Liga 1: Arsenio Valpoort Masih Mandul di Persebaya, Samsul Arif Beri Pembelaan

Bola.com, Denpasar - Striker Persebaya Surabaya, Arsenio Valpoort, sedang berada dalam sorotan karena belum berhasil mencetak gol. Padahal, dia sudah tampil dalam tiga pertandingan BRI Liga 1 2021/2022.

Mantan striker Timnas Belanda U-20 itu masih belum memberi kontribusi selama berseragam Persebaya. Dalam tiga laga, tak ada gol atau assist yang berhasil disumbang oleh Arsenio Valpoort untuk Persebaya.

Situasinya memang tidak mudah untuk Valpoort. Dalam tiga laga itu, dia selalu tampil sebagai pemain pengganti di babak kedua. Masalahnya, dia selalu menyianyiakan peluang emas mencetak gol di depan gawang lawan.

Striker senior Persebaya, Samsul Arif, memberi pembelaan terhadap rekan setimnya itu. Dia merasa yakin Valpoort akan segera menunjukkan performa terbaiknya dengan mencetak gol.

“Saya tidak memberi masukan ke dia karena dia pemain berkualitas. Kami tahu CV dia banyak membela klub-klub Eropa, Korea, dan di mana pun. Dia punya kualitas dan punya kapabilitas bermain di Persebaya Surabaya. Dia butuh waktu saja,” ucap Samsul.

Striker berdarah Suriname itu sebenarnya sangat diharapkan bisa menjadi mesin gol andalan Persebaya untuk putaran kedua BRI Liga 1. Sebab, sebelumnya Persebaya memiliki Jose Wilkson yang tak begitu lancar menyumbang hingga dipinjamkan ke Persela Lamongan.

2 dari 4 halaman

Perdana di Asia

Arsenio Valpoort belum pernah berkarier di Asia Tenggara. Dia merupakan pemain yang banyak menghabiskan karier di Belanda. Sejumlah klub yang pernah dibelanya adalah Heerenven, PEC Zwolle, RKC Waalwijk, hingga Almere City.

Di musim 2021, striker berusia 29 tahun itu tercatat membela tiga klub, yakni Ermis Aradippou (Siprus), Teuta Durres, dan Egnatia Rrogozhine (Albania). Bersama klub pertama dia mencetak dua gol dari 15 penampilan. Dari rekam jejaknya, Arsenio Valpoort  tidak memiliki catatan yang gemilang. 

Hal itu rupanya masih berlanjut di Indonesia memantik reaksi dari suporter Persebaya Surabaya yang mempertanyakan kemampuan Arsenio Valpoort. Samsul berpendapat bahwa striker berusia 29 tahun itu memerlukan penyesuaian di Indonesia.

“Kami sebagai pemain saat berada di lingkungan baru pasti butuh adaptasi, butuh mengenal satu sama lain. Kami sebagai temannya dalam satu tim mendukung dia dan menciptakan situasi yang bagus,” imbuh Samsul Arif.

3 dari 4 halaman

Masih Ada Samsul

Terdekat, tim berjulukan Bajul Ijo itu akan menghadapi PSS Sleman dalam pekan ke-21 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Sabtu (29/1/2022). Pelatih Aji Santoso menggaransi Valpoort akan tampil sejak menit pertama dan berharap ini jadi momentum untuk sang striker.

Tanpa Valpoort yang mencetak gol, Persebaya masih beruntung memiliki sosok Samsul Arif. Nama satu ini merupakan striker lokal yang berpengalaman dan telah menemukan lagi ketajamannya di depan gawang lawan.

Kini Persebaya menghuni peringkat keempat klasemen sementara dengan 39 poin dari 20 pertandingan. Mereka berada di bawah Arema FC, Bhayangkara FC, dan Persib Bandung.

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer