Sukses


BRI Liga 1: Banyak Buang Peluang Emas Persebaya, Arsenio Valpoort Disentil Aji Santoso

Bola.com, Gianyar - Striker Persebaya Surabaya, Arsenio Valpoort, kembali menjadi sorotan. Dia masih kesulitan menemukan ketajaman dalam upaya menambah koleksi gol di BRI Liga 1 2021/2022.

Terbaru, Persebaya Surabaya dipaksa berbagi poin oleh Persija Jakarta dalam laga pekan ke-25 BRI Liga 1 2021/2022. Laga tersebut berakhir imbang 3-3 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (14/2/2021) malam.

Arsenio Valpoort mendapatkan tiga peluang emas untuk mencetak gol dalam pertandingan ini. Beberapa kali peluang tercipta ketika dirinya tidak terkawal. Itu juga berkat umpan ciamik dan matang dari rekan setimnya yang melihat posisinya yang bebas.

Namun, striker asal Belanda itu masih belum mampu menyelesaikan peluang emas tersebut dan mengonversinya menjadi gol meski ruang tembak sangat terbuka. Pelatih Persebaya, Aji Santoso, menyentil Valpoort setelah melihat performa tersebut.

"Saya sudah sampaikan kepada Valpoort bahwa tugas seorang striker adalah mencetak gol," ujar pelatih berlisensi AFC Pro itu.

"Dalam pertandingan, dia mendapatkan tiga peluang dan semua tidak menjadi gol. Ini memang masalah teknik penyelesaian yang kurang matang, baik di babak pertama maupun babak kedua," lanjut pelatih Persebaya Surabaya itu.

2 dari 4 halaman

Peluang-Peluang yang Terbuang

Kans pertama Valpoort mencetak gol lahir pada menit ke-11 ketika Persebaya Surabaya sudah tertinggal 0-1. Ketika itu winger Taisei Marukawa memberikan umpan matang kepada Valpoort yang ada di depan gawang Persija dan tinggal berhadapan dengan kiper Andritany Ardhiyasa. Tapi, sepakannya malah melenceng.

Berikutnya, skema yang hampir sama tercipta pada menit ke-12. Arsenio Valpoort mendapatkan umpan lambung dari Marukawa, tapi lagi-lagi tidak membuahkan gol karena tembakan Valpoort masih lemah hingga mudah ditangkap oleh Andritany.

Striker berdarah Suriname itu kembali membuang peluang emas yang dimilikinya untuk mencetak gol pada menit ke-56. Lewat serangan balik cepat, Ricky Kambuaya mengirim bola kepada Valpoort di kotak penalti lawan. Namun, sepakannya mampu diblok Andritany dengan kakinya.

3 dari 4 halaman

Bikin Geregetan

Arsenio Valpoort sebenarnya sudah pecah telur dengan mencetak gol pertamanya pada pekan lalu, saat Persebaya Surabaya ditahan imbang 2-2 oleh Persela Lamongan (10/2/2022). Tapi, Valpoort membutuhkan lima pertandingan BRI Liga 1 untuk bisa membuktikan ketajamannya.

Kini, mantan striker Timnas Belanda itu kembali membuat suporter Persebaya geregetan karena gagal memanfaatkan peluang emas. Dia mandul lagi dan sulit menyelesaikan umpan matang menjadi gol.

Valpoort tertinggal jauh dari Taisei Marukawa, winger yang malah menyumbang kontribusi terbaik untuk Persebaya. Pemain asal Jepang itu menyumbang satu gol dan assist kontra Persija. Marukawa sudah membukukan 14 gol dan 9 assist dari 24 pertandingan.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer