Sukses


BRI Liga 1: Arsenio Valpoort dalam Tekanan Suporter Persebaya, Samsul Arif Pasang Badan

Bola.com, Jakarta - Striker asing Persebaya Surabaya, Arsenio Valpoort, masih dalam sorotan suporter. Penyebabnya, striker asal Belanda itu baru mencetak satu gol dalam delapan pertandingan yang dijalaninya bersama Bajul Ijo sejak direkrut pada awal putaran kedua BRI Liga 1 2021/2022.

Arsenio Valpoort kerap membuang peluang matang yang diberikan oleh rekannya di depan gawang lawan. Parahnya, mantan striker Timnas Belanda U-20 itu malah tidak membukukan peluang tembakan sama sekali dalam dua laga terakhir.

Striker veteran Persebaya Surabaya, Samsul Arif Munip, masih memberikan pembelaan terhadap rekan setimnya itu. Dia percaya Arsenio Valpoort akan memperlihatkan performa terbaiknya dalam proses adaptasi ini.

"Valpoort itu striker yang bagus. Dia punya rekam jejak dan CV yang bagus. Dia pernah bermain di mana-mana. Saya pikir dia hanya butuh waktu saja di tim ini," ujar pemain berusia 37 tahun itu.

Striker berdarah Suriname itu sebenarnya sangat diharapkan bisa menjadi mesin gol andalan Persebaya untuk putaran kedua BRI Liga 1. Sebelumnya Persebaya Surabaya memiliki Jose Wilkson yang tidak begitu lancar menyumbangkan gol hingga dipinjamkan ke Persela Lamongan.

2 dari 4 halaman

Belum Pernah Berkarier di Asia

Arsenio Valpoort belum pernah berkarier di Asia Tenggara. Dia merupakan pemain yang banyak menghabiskan karier di Belanda. Sejumlah klub yang pernah dibelanya adalah Heerenven, PEC Zwolle, RKC Waalwijk, hingga Almere City.

Pada musim 2021, striker berusia 29 tahun itu tercatat membela tiga klub, yakni Ermis Aradippou (Siprus), Teuta Durres, dan Egnatia Rrogozhine (Albania). Dari rekam jejaknya, Arsenio Valpoort tidak memiliki catatan yang gemilang.

Banyak ejekan yang dilontarkan kepada Valpoort, termasuk dalam laga terakhir ketika Persebaya Surabaya menang 1-0 atas Arema FC. Dalam laga tersebut, ia ditarik keluar pada menit ke-52 dan digantikan oleh Samsul Arif.

Samsul pun muncul sebagai super-sub karena mencetak gol penentu kemenangan dalam laga derbi Jatim itu pada menit ke-79. Dia dielu-elukan sebagai pahlawan yang mampu memberikan kebanggaan bagi masyarakat Surabaya.

3 dari 4 halaman

Dukungan Samsul Arif untuk Arsenio Valpoort

Sementara itu, muncul sebuah meme di media sosial yang mengarah kepada Arsenio Valpoort. Unggahan foto disertai kalimat sindiran bahwa Valpoort adalah pahlawan sejatinya. Sebab, tanpa Valpoort yang membuang peluang, Samsul tidak bakal dimasukkan untuk menggantikannya.

"Kami sebagai teman pasti akan mendukung di dalam maupun di luar lapangan. Kami tahu, beradaptasi dengan tim sebesar Persebaya dan masuk pada putaran kedua, saya pikir butuh perjuangan yang ekstrakeras," ucap Samsul.

"Saat berada di lingkungan baru, pasti butuh adaptasi, butuh mengenal satu sama lain. Kami sebagai teman dalam satu tim, memberikan dukungan kepadanya dan menciptakan situasi yang bagus untuknya," lanjut striker asal Bojonegoro itu.

Persebaya Surabaya kini sedang mempersiapkan diri melakoni laga pekan ke-28 menghadapi Madura United. Duel bertajuk Derbi Suramadu itu bakal digelar di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Senin (28/2/2022) malam.

4 dari 4 halaman

Posisi Persebaya di BRI Liga 1

Video Populer

Foto Populer