Sukses


Cerita Hamka Hamzah di Balik Nomor Punggung 23

Bola.com, Jakarta - Hamka Hamzah kini dikenal sebagai salah satu bek tengah senior yang masih beredar di sepak bola Indonesia. Di Liga 2 musim lalu Hamka memperkuat RANS Cilegon FC.

Prestasi Hamka Hamzah di klub itu pun bisa dikatakan bagus. Ia mampu membawa RANS promosi ke kasta tertinggi.

Sebelum dikenal seperti sekarang. Hamka tentu menjalani proses yang panjang.

Ia mengawali kariernya di dunia sepak bola dengan bergabung di SSB Bangau Putra di Makassar. Kebetulan saat itu Bangau Putra mendapatkan kesempatan untuk mengirimkan para pemainnya menjadi anak bola di pertandingan PSM Makassar.

Berangkatlah Hamka Hamzah untuk menjadi anak bola di Stadion Andi Matalatta. Di situ ia menyaksikan banyak pemain bintang. Mulai dari Kurniawan Dwi Yulianto, Bima Sakti, Yeyen Tumena, dan banyak pemain lain.

 

2 dari 3 halaman

Terkesan dengan Ronny Ririn

Namun, Hamka Hamzah terkesan dengan sosok bek tengah bernama Ronny Ririn. Kebetulan saat itu Ronny juga mengenakan nomor punggung 23 seperti yang kini identik dengan Hamka.

"Nah waktu jadi anak gawang, saya bisa nonton.Saya melihat Ronny Ririn, dan kebetulan saat itu nomornya juga 23. Mulai dari situ saya mengidolakan. Keran posisinya sama dengan saya. Sejak saat itu tekad saya untuk jadi pemain bola semakin mantap," ujar Hamka di Tiento Indonesia.

Sebagai anak kampung di Makassar, Hamka mengaku jarang sekali bisa menyaksikan pertandingan sepak bola di televisi. Ada satu kebiasaan menarik yang kerap dilakukan Hamka ketika masih kecil, yakni memandangi poster pemain sepak bola yang biasa dijual di pinggir jalan.

"Saya jarang nonton bola, dulu satu TV kan dibagi nontonnya. Tapi saya nonton poster, saya lihat-lihat itu poster nggak beli. Ketika PSM berlatih di Karebosi ya waktu itulah muncul," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Proses Penyembuhan

Hamka Hamzah belum lama ini mengalami cedera ACL. Cedera itu cukup ditakuti pesepakbola karena proses penyembuhannya yang lama.

Namun, Hamka menyatakan dalam dua bulan terakhir ia sudah menjalani rehabilitasi penyembuhan cederanya itu.

"Sudah dua bulan, ini sudah masuk fase penguatan," jelasnya.

Hamka yang kini berusia 38 tahun tampak masih belum akan pensiun dalam waktu dekat. Jika cederanya sudah benar-benar pulih, Hamka sepertinya akan kembali berlaga di Liga 1 atau di Liga 2.

Video Populer

Foto Populer