Sukses


Cuek Bebek! Pelatih Persebaya Tak Peduli Bali United atau Persib yang Juara BRI Liga 1

Bola.com, Denpasar - Persebaya Surabaya akan melakoni laga yang menentukan di pekan ke-33 BRI Liga 1 2021/2022. Mereka akan berjumpa dengan Bali United di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Jumat (25/3/2022) malam.

Bali United sedang berpeluang memastikan juara pekan ini karena sudah mengoleksi 72 angka di puncak klasemen. Mereka berjarak lima poin di atas Persib Bandung yang berada di posisi runner-up dengan 67 angka.

Dengan menyisakan dua laga sisa, Bali United hanya butuh hasil imbang saja. Tambahan satu poin akan membuat selisih dengan Persib menjadi enam. Persib sudah tak mungkin mengungguli Bali United karena kalah head-to-head.

“Kalau dilihat dari segi peluang, kans Bali United untuk menjadi juara memang lebih besar ketimbang Persib Bandung. Jumlah poin mereka lebih bagus,” kata Aji Santoso, pelatih Persebaya.

Makanya, Persebaya Surabaya jadi tim yang akan menentukan kepastian juara pekan ini. Aji Santoso ogah memikirkan siapa yang akan menjadi kampiun kompetisi musim ini. Dia akan meminta anak asuhnya tetap berjuang memetik tiga angka.

“Saya tidak mau berpikir siapa yang bakal juara. Apakah Bali United atau Persib Bandung. Yang jelas, saya akan fight di dua laga sisa. Yang terpenting bagaimana kami di dua pertandingan ini maksimal mendapatkan poin penuh,” imbuhnya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tanpa Beban

Tim berjulukan Bajul Ijo itu tidak memiliki beban dan tekanan untuk melakoni pertandingan ini. Sebab, tak ada lagi target yang perlu dicapai dalam dua pertandingan sisa.

Persebaya kini menduduki peringkat keempat dengan 60 poin, di bawah Bhayangkara yang ada di peringkat ketiga dengan 62 poin. Persebaya sudah tidak mungkin bisa mengejar Bali United dalam persaingan juara.

Di sisi lain, tim asal Kota Pahlawan itu sudah terhindar dari ancaman degradasi. Masalah, mereka memastikan akan finish lima besar. Posisi kelima dihuni oleh Arema FC yang masih berpotensi menyalip karena memiliki 59 poin.

3 dari 5 halaman

Posisi ke-4

Sedangkan tim peringkat keenam yang diduduki oleh Borneo FC pun tak mungkin masuk ke lima besar. Sebab, mereka mengemas 49 angka dan hanya akan mendapat poin maksimal sebesar 55 angka.

Apa yang dicapai oleh Persebaya ini sudah sesuai dengan target manajemen yang meminta Aji Santoso membawa timnya meraih lima besar klasemen akhir. Duel kontra Bali United bakal membuat Rachmat Irianto dkk. tampil lepas tanpa bebas.

“Tentunya posisi kami sekarang berada di bawah Bhayangkara dengan jumlah main yang sama. Kalau sama-sama menang dua-duanya, kami masih tetap berada di posisi keempat,” ucap Aji Santoso.   

4 dari 5 halaman

Bantah Tudingan Mengalah

Aji Santoso juga menegaskan timnya tak akan mengalah demi memuluskan langkah juara Bali United.

Banyak akun media sosial yang berpendapat bahwa Aji Santoso akan melepas pertandingan itu dan mengalah. Aji pun menegaskan bahwa pihaknya tetap akan berjuang maksimal memetik kemenangan.

“Saya yakinkan kepada seluruhnya bahwa besok adalah pertandingan yang fight dan tidak ada rekayasa. Pertandingan halalan thayyiban (halal yang baik). Kalau kami menang, tidak ada faktor lain. Kalau kalah juga begitu,” kata Aji.

“Yang jelas, saya akan bertarung secara adil tidak melihat yang lain. Mungkin kalau kami menang akan membantu Persib Bandung, kalau kalah membantu Bali, tapi tidak ada,” imbuh pelatih asli Malang tersebut.

Makanya, Persebaya jadi tim yang akan menentukan kepastian juara pekan ini. Aji Santoso ogah memilih siapa yang akan menjadi kampiun kompetisi musim ini. Dia akan meminta anak asuhnya tetap berjuang memetik tiga angka.

“Dalam kamus Aji Santoso, tidak pernah ada tindakan seperti itu (main mata). Saya adalah pelatih yang harus menjunjung sportivitas dan fair play,” imbuh pelatih berlisensi AFC Pro tersebut.

Duel ini mempertemukan dua tim yang sama-sama bermain agresif di BRI Liga 1. Mereka tercatat sebagai dua tim yang paling produktif dalam urusan mencetak gol. Bali United sudah membukukan 54 gol, sementara Persebaya 52.

“Kita lihat nanti, bisa memprediksi apakah akan terjadi banyak gol. Yang jelas, kami ingin menang. Kami ingin menentukan langkah kami sendiri untuk pertandingan besok. Saya pastikan kami akan berjuang,” tutur Aji Santoso.

5 dari 5 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer