Sukses


BRI Liga 1: Sebelum Persipura Degradasi, Ricardo Salampessy Sempat Bakar Semangat Timnya

Bola.com, Denpasar - Persipura Jayapura melengkapi daftar tim yang terdegradasi dari BRI Liga 1 2021/2022. Tim berjulukan Mutiar Hitam finis di urutan ke-16, sekaligus menemani Persiraja Banda Aceh dan Persela Lamongan untuk turun kasta.

Persipura Jayapura sebenarnya mencatat kemenangan telak 3-0 atas Persita Tangerang pada plaga terakhir atau pekan ke-34 BRI Liga 1, Kamis (31/3/2022) sore WIB.

Namun tambahan tiga poin itu tidak cukup. Di pertandingan lainnya yang secara bersamaan, PSS Sleman sukses menang 2-0 atas Persija Jakarta. Sedangan Barito Putera bermain draw 1-1 kontra Persib Bandung.

Hasil itu berarti membuat Persipura terkunci di posisi ke-15 dengan nilai 36. Atau sama dengan perolehan nilai Barito Putera, namun Persipura kalah secara head to head dari Laskar Antasari.

Satu di antara pemain senior Persipura, Ricardo Salampessy ikut menjadi saksi tim Mutiara Hitam turun kasta ke Liga 2 musim depan. Namanya memang tidak ada dalam daftar susunan pemain sejak sepak mula kontra Persita.

Ricardo Salampessy berada di bangku cadangan dan tidak bermain hingga laga bubar. Timnya memang berhasil menang telak 3-0 atas Persita, namun hasil itu seperti tidak ada gunanya lantaran Persipura tetap turun kasta.

Terdapat fakta menarik yang dilakukan Ricardo Salampessy menjelang pertandingan yang sangat menentukan bagi Persipura. Ia membakar semangat bertanding rekan-rekannya yang terlihat dalam story akun Instagram pribadinya @Ricardosalmpessy menjelang pertandingan.

Ia mengunggah postingan akun Instagram Persipura Jayapura yang berisi pesan untuk membakar semangat bertanding. Yaitu One Last Dance! Come on You Persipura!. Postingan tersebut diunggah Salampessy lewat insta story-nya dengan emoticon kepalan tangan tiga kali atau yang berarti semangat.

 

2 dari 4 halaman

Masa Depan

Partai terakhir Persipura di BRI Liga 1 kontra Persita Tangerang, juga bisa menjadi sinyal mengenai masa depan Ricardo Salampesssy. Usianya yang sudah menginjak 38 tahun, termasuk pemain yang sudah banyak makan asam garam di sepak bola Indonesia.

Memang belum ada kepastian tentang masa depannya bersama Persipura, Ricardo Salampessy pernah mengutarakan rencana setelah pensiun. Ia mengaku tidak ingin meninggalkan dunia sepak bola.

Pemain berposisi bek kanan tersebut diketahui juga telah menempuh kursus kepelatihan, yaitu B AFC pada akhir tahun 2020. Bisa jadi ia bakal melanjutkan karier sebagai pelatih di masa depan, setelah dirinya memutuskan gantung sepatu.

3 dari 4 halaman

Kiprah Ricardo Salampessy

Ricardo Salampessy adalah produk Persiwa wamena yang memulai karier profesionalnya pada tahun 2006. Kemudian ia bergabung Persipura selama bertahun-tahun, meski sempat bermain untuk Persebaya 1927 dan Borneo FC.

Adapun dalam gelaran BRI Liga 1 2021/2022, ia tampil sebanyak 10 kali. Salampessy secara bergantian bermain dengan Yustinus Pae, Brian Fatari, atau Israel Wamiau untuk sektor pertahanan.

Bersama Persipura, Ricardo Salampessy tercatat pernah dua kali mempersembahkan gelar juara di kasta tertinggi pada musim 2008/2009 dan 2010/2011. Dirinya juga sering menjadi langganan untuk Timnas Indonesia.

4 dari 4 halaman

Tengok Posisi Akhir Persipura

Video Populer

Foto Populer