Sukses


Resmi! Timnas Futsal Putra Indonesia Bakal Mentas di SEA Games 2021

Bola.com, Jakarta - Setelah sempat jadi polemik, Timnas Futsal Putra Indonesia dipastikan bakal mentas di SEA Games 2021 Vietnam yang berlangsung pada 12-23 Mei 2022.

Keputusan diambil atas dasar pertimbangan proyeksi perolehan medali sebagaimana yang telah ditetapkan pemerintah.

Chef de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam Ferry Kono menjelaskan keputusan memberangkatkan Timnas Futsal Putra Indonesia diambil melalui kesepakatan bersama stakeholder pemegang kebijakan olahraga.

Pemegang kebijakan olahraga tersebut adalah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI Pusat) yang mengacu pada data yang diberikan Tim Review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) dalam rapat persiapan SEA Games di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (13/04/2022).

"Dalam rapat persiapan SEA Games, kami sampaikan bahwa delegasi Tim CdM tengah berada di Vietnam guna meninjau venue, akomodasi, transportasi, serta koordinasi akreditasi," kata Ferry melalui keterangan pers yang diterima Bola.com. 

"Rapat tadi juga membahas futsal dan kami bersepakat memberangkatkan tim putra seperti data analisis Tim Review PPON," lanjutnya. 

2 dari 3 halaman

Sempat Tidak Masuk Rekomendasi

Tim Review PPON sebelumnya merekomendasikan 32 cabang olahraga, terdiri dari 14 cabang olahraga (cabor) Design Besar Olahraga Nasional (DBON) dan 18 cabor non-DBON, yang berpotensi meraih medali emas dan perak.

Namun, futsal tidak masuk rekomendasi Tim Review PPON karena Federasi Futsal Indonesia (FFI) mengajukan Tim Futsal Putri Indonesia. Padahal sejak awal, Tim Review PPON yang berisikan akademisi, ahli, perwakilan NOC Indonesia dan KONI sudah menganjurkan untuk memasukkan Tim Futsal Putra yang saat review berlangsung masih mengikuti Piala Futsal AFF 2021.

"Saat itu futsal masih menjadi pembahasan, NOC Indonesia melihat long list futsal perlu dimasukkan terlebih dahulu untuk keperluan drawing, sembari menunggu hasil tim putra di Piala Futsal AFF," kata Ferry.

"Entry-by-name SEA Games ditutup 31 Maret, tetapi karena diplomasi NOC Indonesia dan juga karena futsal merupakan number of event cabor sepak bola sehingga kami masih bisa memasukkan dan menyelesaikan akreditasi. Terlebih, delegasi kami juga ada di sana," tambahnya.

Dengan masuknya futsal, Indonesia tetap akan berpartisipasi di 32 dari 40 cabor yang dipertandingkan di SEA Games Vietnam, mengingat futsal merupakan bagian dari number-of-event sepak bola.

3 dari 3 halaman

Markas Suporter

Perhelatan BRI Liga 1 2021/2022 sudah berakhir dengan menyuguhkan berbagai keseruan yang memicu adrenalin, laga-laga panas, dan kejutan-kejutan menarik.  Kesuksesan perhelatan BRI Liga 1 2021/2022 tidak lepas dari kerja keras dan kerja sama banyak pihak, dan semuanya layak mendapat apresiasi.

Apresiasi khusus ditujukan kepada suporter yang turut menyukseskan kompetisi Liga 1 melalui kampanye #Dukungdarirumah. Komitmen suporter untuk disiplin mendukung tim kesayangannya meskipun dari rumah, merupakan salah satu kunci penting kesuksesan penyelenggaraan Liga 1 musim ini.

Kesuksesan Liga 1 2021/2022 tersebut menginspirasi lahirnya program Markas Suporter. Program ini merupakan inisiasi dari Kapanlagi Youniverse melalui Bola.com dan Bola.net dengan PSSI untuk menjadi wadah sekaligus rumah para suporter Tanah Air. Markas Suporter diharapkan jadi tempat untuk saling berbagi informasi dan silaturahmi antarsuporter baik melalui konten digital maupun aktivasi offline.

Program tersebut akan dibuka dengan Event Live Streaming Markas Suporter yang diadakan pada Kamis, 14 April 2022. Selain jadi event pembuka, acara itu juga akan menjadi ajang apresiasi kepada para suporter yang telah menyukseskan kompetisi Liga 1 musim 2021/2022.

Direktur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita, dan Head of Dept Suporter Development and Fan Engagement PSSI, Budiman Dalimunthe, akan datang langsung ke Studio KLY untuk mengikuti acara bincang santai dengan jurnalis Bola.com, dan perwakilan suporter dan klub dari Liga 1 juga akan mendapat undangan bergabung pada acara tersebut secara online. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, juga diharapkan akan bergabung dalam perbincangan santai itu secara online.

Jadi, jangan lupa menyaksikan acara Event Live Streaming Markas Suporter di Vidio pada 14 April 2022, pukul 16.00 WIB.

Video Populer

Foto Populer