Sukses


Akhiri Petualangan Sebagai Kiper Pinjaman di BRI Liga 1, Kurniawan Kartika Ajie Jadi Milik Persik

Bola.com, Kediri - Karier Kurniawan Kartika Ajie musim lalu sangat unik. Meski secara resmi dia menjadi kiper Arema FC di BRI Liga 1 2021/2022, dia sama sekali tak pernah berdiri di bawah mistar mengawal gawang Singo Edan.

Pemain kelahiran Balikpapan ini malah jadi komoditi berstatus pinjaman dari Arema FC untuk bermain di dua klub berbeda dengan kasta berbeda pula. Kendati begitu, Kartika Ajie sukses mengatrol RANS Cilegon FC naik kasta Liga 1 2022 dan membantu Barito Putera lolos dari degradasi di Liga 1.

Di RANS, Kartika Ajie hanya sekali absen. Selebihnya, dia jadi palang pintu utama sejak fase penyisihan grup hingga babak akhir. Di Barito Putera, pemain berpostur 183 cm ini hanya tampil sebanyak tiga kali.

Namun pada Liga 1, tampaknya Kartika Ajie tak jadi petualang lagi di sepak bola Indonesia karena statusnya telah dipatenkan untuk menjaga gawang Persik Kediri.

Kehadiran sosok Kartika Ajie sangat dibutuhkan Macan Putih, setelah manajemen melepas tiga kiper lama sekaligus, yakni Fajar Setya Jaya, Dian Agus Prasetyo, dan Misbakhul Akmal.

2 dari 3 halaman

Komentar Javier Roca

Pelatih Persik Kediri, Javier Roca, menyatakan bergabungnya Kurniawan Kartika Ajie akan memperkuat kedalaman skuadnya. Kartika Ajie harus bersaing merebut posisi kiper utama dengan Dikri Yusron dan Muhammad Adi Satryo.

"Penjaga gawang adalah posisi yang spesial. Dibutuhkan kematangan, karena satu kali saja membuat kesalahan bisa berakibat yang kurang baik untuk tim. Karena itu kami memang mencari pemain yang sudah memiliki pengalaman bermain di Liga 1 seperti Kurniawan Kartika Ajie," katanya.

3 dari 3 halaman

Antisipasi

Selain itu masuknya Kurniawan Kartika Ajie juga sebagai antisipasi mengingat Adi Satryo saat ini tengah mendapat panggilan pemusatan latihan timnas U-23 proyeksi SEA Games Vietnam 2021.

"Kami juga harus jaga-jaga, karena kemungkinan Adi Satryo akan fokus bersama Timnas Indonesia di SEAG Vietnam. Jadi tidak mungkin kami hanya mengandalkan Dikri Yusron sendirian di posisi kiper Persik. Kurniawan Kartika Ajie sudah sesuai dengan kebutuhan tim Persik musim depan," tuturnya.

Video Populer

Foto Populer