Sukses


3 Klub ASEAN Berjaya di Liga Champions Asia: JDT, Lion City Sailors, dan BG Pathum United Permalukan 3 Wakil Korsel

Bola.com, Jakarta - Tiga klub Asia Tenggara (ASEAN) berjaya dalam matchday kedua penyisihan grup Liga Champions Asia 2022. Ketiganya adalah Johor Darul Ta'zim (JDT), Lion City Sailors, dan BG Pathum United.

Juara Liga Malaysia, JDT berhasil mengalahkan Ulsan Hyundai 2-0 di Sultan Ibrahim Stadium, Johor Bahru, Malaysia, Senin (18/4/2022).

Dua gol dari Fernando Foristieri pada menit ke-3 dan Bergson dan Silva menit ke-80 hanya mampu dibalas sekali Um Won-sang menit ke-52.

Untuk sementara, JDT memuncaki klasemen Grup I Liga Champions Asia dengan enam poin dari dua partai. Sebelumnya, tim berjuluk Harimau Selatan itu membantai tim China, Guangzhou FC 5-0.

Sementara itu, Lion City Sailors dari Singapura mampu menggulung Daegu FC tiga gol tanpa balas di Buriram City Stadium, Buriram, Thailand, Senin (18/4/2022).

Tiga gol kemenangan Lion City Sailors dibuat oleh Song Ui-young pada menit ke-21, Diego Lopes menit ke-71, dan Pedro Henrique menit ke-80.

Kemenangan ini mengantar Lion City Sailors ke posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan tiga poin, tertinggal tiga angka dari sang pemuncak, Urawa Reds selaku wakil Jepang.

2 dari 3 halaman

Klub Thailand Menang

Satu lagi klub yang membawa harum nama ASEAN di Liga Champions Asia pekan ini. Wakil Thailand, BG Pathum United membekuk Jeonnam Dragons 2-0 di Pathun Thani Stadium, Pathum Thani, Thailand, Senin (18/4/2022).

Gol dari Pathompol Charoenrattanapirom pada menit ke-51 dan Jakkapan Parisuwan menit ke-72 membuat BG Pathum United membayangi pemuncak klasemen sementara Grup G, Melbourne City dari Australia.

Keduanya sama-sama memetik empat poin dari dua partai. Namun, BG Pathum United kalah selisih gol.

3 dari 3 halaman

Indonesia Tertinggal

Di sisi lain, Indonesia tertinggal dari beberapa negara ASEAN perihal peringkat asosiasi yang menentukan kuota ke turnamen antarklub di Asia.

Sejak 2020, Indonesia sudah kehilangan jatah di Liga Champions Asia dan hanya mengirimkan dua wakilnya ke Piala AFC.

Namun, mulai musim depan, Indonesia kembali dapat mengirimkan wakilnya ke Liga Champions Asia, hanya saja melalui babak play-off lebih dulu.

"Indonesia mendapatkan satu jatah untuk mengikuti gelaran Liga Champions Asia 2023. Klub perwakilan Indonesia lebih dahulu harus menjalani play-off di regional timur," tulis PSSI awal tahun ini.

"Indonesia mendapatkan dua jatah Piala AFC 2023. Satu klub otomatis lolos ke AFC Cup 2023 dan satu klub harus menjalani play-off lebih dulu dahulu," bunyi keterangan dari PSSI.

Video Populer

Foto Populer