Sukses


3 Pemain Liga 1 Ini Punya Profesi Selain Pesepak Bola: Ada yang Anggota TNI sampai PNS

Bola.com, Jakarta - Gaji tinggi sebagai pemain di BRI Liga 1 tentunya cukup menggiurkan. Para pemain asing biasanya mendapat nilai kontrak yang fantastis hingga menyentuh miliaran dalam satu musim.

Ada pula sejumlah pemain bintang lokal yang disebut memiliki nilai kontrak yang tinggi. Kabarnya, ini didapat oleh bintang macam Evan Dimas, Andik Vermansah, hingga Marc Klok bersama klubnya masing-masing.

Namun, sejumlah pemain rupanya memiliki profesi lain di luar aktivitasnya di dunia sepak bola. Yang paling umum, mereka memilih membuka usaha demi mendapat pemasukan lain di dunia bisnis.

Ada pula beberapa pemain yang memilih menjadi abdi negara dengan bergabung dengan instansi negara. Ada yang berstatus anggota TNI, Polri, sampai juga PNS. Siapa sajakah mereka?

Bola.com telah merangkum tiga pemain Liga 1 yang memiliki profesi lain di luar statusnya sebagai pesepak bola. Tentu saja ini hanya menjadi contoh dari segelintir pemain. Simak ulasannya berikut ini:

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Manahati Lestusen

Bakat Manahati mulai terlihat ketika bergabung dengan skuat Sociedad Anonima Deportiva (SAD) di Uruguay pada 2010, program mercusuar pelatnas jangka panjang gagasan PSSI. Dia sempat berseragam tim kasta bawah Liga Belgia, CS Vise pada 2012-2013.

Pulang ke Indonesia, Manahati membela Bhayangkara FC pada 2014. Manahati lalu memutuskan mengikuti tes TNI AD. Sembari berdinas sebagai tamtama ia juga jadi pemain PSMS Medan.

Dia pun tercatat sebagai pemain PS TNI sejak 2016 hingga sekarang. Klub tersebut sempat berganti nama menjadi PS Tira, Tira Persikabo, dan Persikabo 1973.

Sebenarnya tidak mengherankan jika Manahati setia bersama klub ini. Pasalnya, Persikabo 1973 memang berafiliasi dengan TNI dan sejumlah para pemainnya memang berstatus anggota TNI. Manahati sendiri kini tercatat berpangkat Sersan Dua.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Indra Kahfi

Bek senior itu tercatat pernah membela Persita Tangerang, Persikota Tangerang, Deltras Sidoarjo, hingga PSPS Pekanbaru. Baru pada 2016, Indra Kahfi memilih bergabung Bhayangkara FC dan didapuk sebagai kapten.

Hal ini juga tidak lepas dari statusnya sebagai anggota Polri. Bhayangkara juga merupakan klub yang berafiliasi dengan institusi kepolisian itu dengan para pemainnya yang berstatus anggota Polri itu.

Indra Kahfi sendiri merupakan kapten yang mengangkat trofi Liga 1 2017 di bawah arahan pelatih Simon McMenemy. Jabatan itu sendiri telah pindah ke Awan Setho yang juga merupakan anggota Polri.

Di tahun 2018, Indra Kahfi telah menyelesaikan pendidikan polisi menuju jenjang perwira. Saat ini Indra menyandang pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda).

 

 

 

4 dari 4 halaman

Osvaldo Haay

Putra asli Jayapura ini mengawali kariernya bersama Persipura Jayapura. Dia sempat membela Persebaya Surabaya dan kini merupakan anggota skuat Persija Jakarta.

Di usia muda, Osvaldo Haay sudah diandalkan Timnas Indonesia. Dia lantas ikut menjuarai Piala AFF U-22 2019 bersama Timnas Indonesia U-22 di bawah arahan Indra Sjafri. Prestasi inilah yang membuatnya mendapat kesempatan lain.

Osvaldo diberi apresiasi berupa jalur tes CPNS di Pemkot Jayapura pada tahun tersebut. Alumnus Universitas Cendrawasih itu pun saat ini disebut telah menyandang status PNS.

Video Populer

Foto Populer