Sukses


Brylian Aldama Bakal Kembali Gabung Persebaya, Siap Membuktikan Kualitas

Bola.com, Surabaya - Gelandang muda Brylian Aldama mengaku menjalin komunikasi dengan Persebaya Surabaya. Hal ini sekaligus membenarkan kabar bahwa pemain asal Sidoarjo itu akan kembali bergabung bersama Bajul Ijo.

“Sejauh ini saya sudah beberapa kali berkomunikasi dengan Persebaya. Namun, saya belum bisa memutuskan,” ucap pemain berusia 20 tahun itu.

Sebelumnya, Brylian Aldama tampil dalam International Youth Championship (IYC) 2022 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Dalam IYC 2022, Brylian memperkuat Indonesia All Stars U-20 yang dilatih Ilham Romadhona. Dia tercatat selalu bermain dari menit pertama dan membantu timnya menempati peringkat ketiga.

Hasil yang didapat Indonesia All Stars U-20 di IYC 2022 juga cukup baik. Tim ini mampu menahan imbang Barcelona U-18, mengalahkan Bali United U-18 dengan skor 3-0, dan tumbang dengan skor tipis 1-2 dari Atletico Madrid U-18.

Indonesia All Stars keluar sebagai peringkat ketiga, mengalahkan Bali United dengan skor 2-1 pada pertandingan perebutan tempat ketiga. Gol Brylian Aldama melalui titik putih menjadi penentu kemenangan Indonesia All Stars dan itu adalah satu-satunya gol yang dicetaknya.

 

2 dari 3 halaman

Siap Patahkan Komentar Netizen

Sebelumnya, Brylian Aldama sudah berstatus tanpa klub karena terjadi pemutusan kontrak dengan klub Kroasia, HNK Rijeka. Kedua pihak disebut sudah menemui kesepakatan, namun klub belum memberi pengumuman resmi.

Hal itu lantas membuatnya dikontak oleh klub-klub Indonesia lainnya. Namun, netizen mulai meremehkan kemampuannya dengan fakta telah diputus kontrak oleh klubnya itu.

“Saya mau memperlihatkan bahwa penilaian mereka terhadap saya itu salah. Jujur terganggu dengan hal-hal itu, tapi bukan berarti saya jatuh. Bagi saya, itulah risikonya menjadi seorang pesepak bola,” imbuhnya.

Sebelumnya, manajer Persebaya, Yahya Alkatiri, mengirim kode bahwa klubnya memang telah berniat memulangkan Brylian. Maklum saja, gelandang satu ini memang tidak asing bagi klub asal Kota Pahlawan tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Jebolan Timnas Indonesia U-16 dan EPA Persebaya

Brylian Aldama kali pertama muncul ke publik pada 2018. Saat itu, dia merupakan bagian skuat Timnas Indonesia U-16 arahan Fakhri Husaini yang menjuarai Piala AFF U-16 2018. Menariknya, turnamen itu digelar di kota asalnya, Sidoarjo.

Dari situlah, Brylian lantas masuk ke skuat Elite Pro Academy Persebaya pada musim 2019. Yahya Alkatiri sendiri saat itu masih menjabat sebagai manajer tim junior Persebaya sehingga cukup mengenal Brylian.

Brylian kemudian masuk dalam skuat Persebaya U-20 yang menjuarai Elite Pro Academy U-20 2019. Berkat penampilannya, dia kemudian dikontrak oleh HNK Rijeka dan membuat Persebaya melepasnya.

Kepulangan Brylian itu bisa menambal celah di lini tengah Persebaya yang ditinggal Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya. Brylian akan bekerja sama dengan Andre Oktaviansyah yang merupakan rekannya di Timnas Indonesia U-16.

Video Populer

Foto Populer