Sukses


BRI Liga 1: Kirim Kode, Persebaya Segera Perkenalkan Kepulangan Brylian Aldama

Bola.com, Jakarta - Persebaya Surabaya mengirim kode berhasil memulangkan gelandang muda Brylian Aldama. Hal itu nampak dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram @officialpersebaya, Rabu (27/04/2022).

"He’s green once and he always be green, on process (dia sekali hijau dan dia selalu hijau, dalam proses),” demikian yang tertulis dalam video tersebut.

Video itu menampilkan seorang pemain yang mengenakan jaket Persebaya. Dia kemudian memilih jersey sampai beberapa merchandise lain klub berjulukan Bajul Ijo tersebut.

Namun, wajahnya tidak tampak jelas karena diburamkan. Sekilas, terlihat bahwa itu memang Brylian Aldama dari garis wajah hingga gaya rambutnya. Persebaya kemungkinan sengaja membuat teka-teki soal pemain ini meski mudah ditebak.

Sebelumnya, gelandang asal Sidoarjo itu masuk dalam tim Indonesia All Star U-20 yang tampil dalam International Youth Championship (IYC) 2022 di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso, sampai rela datang ke JIS demi menyaksikan kiprah Brylian dalam turnamen itu. Dia tidak menampik bahwa klubnya memang menaruh ketertarikan pada gelandang berusia 20 tahun itu.

Aji bahkan menyebutkan bahwa pihak klub telah memberi tawaran yang layak untuk Brylian yang belum pernah menjalani kompetisi profesional di Indonesia. Dari pernyataan ini, tersirat bahwa Brylian memang akan bergabung timnya.

 

2 dari 3 halaman

Berstatus Tanpa Klub

Brylian tercatat sempat berstatus tanpa klub karena terjadi pemutusan kontrak dengan klub Kroasia, HNK Rijeka. Kedua pihak disebut sudah menemui kesepakatan, namun klub belum memberi pengumuman resmi.

Manajer Persebaya, Yahya Alkatiri, juga sempat mengirim kode bahwa klubnya memang telah berniat memulangkan Brylian. Maklum saja, gelandang satu ini memang tidak asing bagi klub asal Kota Pahlawan tersebut.

Nama Brylian Aldama kali pertama muncul ke publik pada 2018. Saat itu, dia merupakan bagian skuat Timnas Indonesia U-16 arahan Fakhri Husaini yang menjuarai Piala AFF U-16 2018. Menariknya, turnamen itu digelar di kota asalnya, Sidoarjo.

Dari situlah, Brylian lantas masuk ke skuat Elite Pro Academy Persebaya di musim 2019. Yahya Alkatiri saat itu masih menjabat sebagai manajer tim junior Persebaya U-20 sehingga cukup mengenal Brylian.

Brylian kemudian masuk dalam skuat Persebaya U-20 yang menjuarai Elite Pro Academy U-20 2019. Berkat penampilannya, dia kemudian dikontrak oleh HNK Rijeka dan membuat Persebaya melepasnya.

Kepulangan Brylian itu bisa menambal celah di lini tengah Persebaya yang ditinggal Rachmat Irianto dan Ricky Kambuaya. Dia akan bekerja sama dengan Andre Oktaviansyah dan Ernando Ari Sutaryadi yang merupakan rekannya di Timnas Indonesia U-16.

3 dari 3 halaman

Yuk Lihat Tabel Klasemen Akhir

Video Populer

Foto Populer