Sukses


Hasil Pertandingan SEA Games 2021: Pesta Gol ke Gawang Filipina, Timnas Indonesia U-23 Melesat ke Puncak Klasemen Grup A

Bola.com, Viet Tri - Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan telak 4-0 atas Filipina dalam laga Grup A sepak bola SEA Games 2021 yang digelar di Viet Tri Stadium, Jumat (13/5/2022). Kemenangan telak ini membawa Tim Garuda Muda ke puncak klasemen Grup A.

Empat gol Timnas Indonesia U-23 dicetak oleh Muhammad Ridwan, Rizky Ridho, Egy Maulana Vikri, dan Marselino Ferdinan.

Dalam pertandingan menghadapi Filipina ini, Shin Tae-yong masih menurunkan skuad terbaik yang dimilikinya. Ernando Ari Sutaryadi masih berada di bawah mistar gawang Timnas Indonesia U-23, di bantu Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho di pusat pertahanan.

Asnawi Mangkualam dan Alfeandra Dewangga mengisi sisi sayap pertahanan dan akan menjadi tenaga yang membantu serangan Tim Garuda Muda dari sisi sayap.

Marc Klok menjadi poros di lini tengah, dibantu Syahrian Abimanyu dan Ricky Kambuaya. Sementara Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri membantu Muhammad Ridwan di lini depan.

Sementara Filipina juga menurunkan pemain-pemain terbaiknya, di mana Jovin Bedic yang sudah mengemas tiga gol di SEA Games 2021, menjadi andalan untuk bisa menembus pertahanan Timnas Indonesia U-23.

2 dari 6 halaman

Unggul 2 Gol di 45 Menit Pertama

Dalam pertandingan ini, cukup banyak peluang yang dibuat oleh Timnas Indonesia U-23 terbuang sia-sia. Beberapa peluang yang didapat oleh Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Muhammad Ridwan, tak berhasil menjadi angka bagi Tim Garuda Muda.

Namun, Muhammad Ridwan berhasil memaksimalkan peluang yang didapatkan Egy Maulana Vikri pada menit ke-17. Ridwan menceploskan bola ke gawang Filipina setelah tanpa kawalan menerima bola umpan dari Egy Maulana Vikri yang sebenarnya bisa melepaskan tembakan sendiri ke gawang lawan.

Timnas Indonesia U-23 kemudian berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-44 lewat gol Rizky Ridho.

Berawal dari umpan Syahrian Abimanyu lewat tendangan bebas, Rizky Ridho menanduk bola persis di depan kiper Filipina dan menjadi gol kedua Tim Garuda Muda yang membuat babak pertama berakhir dengan keunggulan 2-0.

3 dari 6 halaman

Perubahan Membawa Perkembangan, Egy Cetak Gol!

Pada awal babak kedua, Filipina mencoba untuk bermain lebih menekan. Sejumlah peluang berusaha mereka ciptakan untuk mengejar perolehan gol Timnas Indonesia U-23.

Peluang paling berharga Filipian terjadi pada menit ke-57 lewat Jovin Bedic. Pencetak tiga gol bagi Filipina di SEA Games 2021 ini melepas tembakan keras dari dalam kotak penalti Tim Garuda Muda tapi masih membentur mistar gawang.

Shin Tae-yong memutuskan melakukan sejumlah perubahan di komposisi Timnas Indonesia U-23, seperti memasukkan Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari, dan Ilham Rio Fahmi.

Setelah sejumlah peluang yang didapatkan Timnas Indonesia U-23 di babak kedua terbuang percuma, Egy Maulana Vikri akhirnya berhasil memaksimalkan peluang untuk membawa Tim Garuda Muda unggul 3-0 pada menit ke-74.

Berawal dari umpan yang diberikan oleh Irfan Jauhari, Egy yang tak terkawal datang dari sisi kanan dan melepaskan tembakan kaki kiri yang tak mampu dihalau oleh Quincy Boltron untuk menjadi gol ketiga Tim Garuda Muda.

4 dari 6 halaman

Ronaldo Kwateh Bikin Filipina Kena Penalti, Indonesia Pesta Gol

Perubahan kembali dilakukan oleh Shin Tae-yong ketika Timnas Indonesia U-23 sudah unggul 3-0. Sejumlah pemain ditarik keluar, seperti Egy Maulana Vikri dan Marc Klok. Ronaldo Kwateh menjadi satu di antara pemain yang masuk lapangan.

Pemain kelahiran Yogyakarta itu pun langsung memberikan ancaman kepada lini pertahanan Filipina dengan kecepatan yang luar biasa hingga akhirnya harus dijatuhkan di kotak penalti. Tim Garuda Muda pun mendapatkan penalti untuk memperbesar keunggulan.

Marselino Ferdinan yang maju sebagai eksekutor penalti melakukan tugasnya dengan sangat baik. Tembakan kerasnya menghujam gawang Filipina untuk membawa Tim Garuda Muda unggul 4-0 pada menit ke-84.

Keunggulan 4-0 milik Timnas Indonesia U-23 bertahan hingga laga berakhir. Tim Garuda Muda pun melesat ke puncak klasemen Grup A sepak bola SEA Games 2021 dengan enam poin, unggul selisih gol atas Myanmar yang baru akan dihadapi pada laga terakhir pada Minggu (15/5/2022).

5 dari 6 halaman

Susunan Pemain

  • Filipina (4-2-3-1): Quincy Julian Boltron; Miguel Antonio Mendoza, Christian Rontini, Enrique Linares, Yrick Gallantes; Oskari Orevillo, Jaime Rosquillo Domingo, Scott Phillip Woods; Dennis Chung Salazar, Oliver Bias; Jovin Bedic
  • Pelatih: Norman Fegidero
  • Timnas Indonesia U-23 (4-1-4-1): Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga; Marc Klok; Syahrian Abimanyu, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri; Muhammad Ridwan
  • Pelatih: Shin Tae-yong
6 dari 6 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2021

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer