Sukses


Timnas Indonesia Bungkam Filipina 4-0, Muncul Istilah Unik Teridwan-ridwan dan Ridwan Lewandowski

Bola.com, Jakarta - Muhammad Ridwan menjadi satu di antara pemicu pembicaraan hangat di dunia maya, terutama media sosial seperti Twitter dan Instagram. Latarnya tak lain keberhasilan dirinya mencetak gol pembuka kemenangan Timnas Indonesia atas Filipina, Jumat (13/5/2022).

Gol tersebut terasa istimewa bagi bomber Persik Kediri tersebut, karena menjadi yang pertama di panggung SEA Games 2021. Tak hanya itu, gol ini terjadi kala dirinya melakoni debut.

Selain itu, Muhammad Ridwan memberikan bukti kepada pelatih Shin Tae-yong kalau dirinya layak mendapat kepercayaan mengisi area depan. Momen spesial menjadi milik Ridwan, karena untuk kali pertama ia bermain lagi bersama teman ketika SMA, Egy Maulana Vikri.

 

2 dari 6 halaman

Momen Istimewa

Lebih istimewa lagi, karena sang pengirim umpan matang yang membuat Muhammad Ridwan mencatatkan namanya di papan skor adalah Egy. Bagi Timnas Indonesia, gol pertama tersebut menjadi pemicu permainan menawan, yang berbuah tiga gol tambahan.

Setelah Muhammad Ridwan, tiga pemain lain yang mencetak gol adalah Rizky Ridho, Egy Maulana Vikri dan Marselino Ferdinan. Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-23 membuka peluang melangkah ke babak semifinal.

Penampilan menawan Muhammad Ridwan membuat 'gaduh' media sosial. Beragam pujian meluncur untuk striker yang pernah memerkuat PSIS Semarang tersebut.

 

3 dari 6 halaman

Istilah Baru

Satu yang membuat siapapun tersenyum adalah munculnya dua istilah, yakni 'Teridwan-ridwan' dan 'Ridwan Lewandowski'. Khusus yang terakhir, postur tubuhnya yang 184 cm, serta corak permainan, membuat namanya dipelesetkan positif menjadi ala striker Bayern Munchen tersebut. Akun @papionn4 menjadi yang pertama melekatkan nama tersebut.

Sementara itu, 'Teridwan-ridwan' muncul sebagai reaksi atas permainan yang membuat terkejut banyak orang, terutama warganet Indonesia. Ridwan memiliki pergerakan dan penempatan diri yang bagus.

Satu kritikan yang datang dari warganet adalah penyelesaian akhir. Namun akun @BfoxOrange menyebut kalau Ridwan adalah tipikal striker murni yang bakal semakin bersinar. Setidaknya, permainan Ridwan simpel, tidak terlalu banyak dribel, akurasi oke dan penguasaan bola yang kuat.

 

4 dari 6 halaman

Pendapat Warganet

"Keren Egy dan asisnya, Ridwan juga mantap ketika siap menyambut," sebut akun @kijihimself. Selain Ridwan, seluruh permainan Timnas Indonesia mendapatkan sorotan, baik yang menyokong maupun kritik.

Akun @Drul_Arifin mengungkapkan, terlepas skor yang meyakinkan, permainan armada Shin Tae-yong masih jauh dari kata memuaskan. "End passing masih kurang sempurna, cara build up pun masih kurang rapi. Sekelas Asnawi, Kambuaya, dan Witan masih sering salah kontrol bola," tulisnya.

Campuran pujian dan kritik juga telontar dari thread milik @Nurika_andana. Selain memberi selamat, akun ini juga memberi deskripsi beberapa kekurangan yang menarik.

 

5 dari 6 halaman

Pendapatan Lain

"Umpan dan antisipasi bola-bola atas lebih dikencengin lagi ya kawan-kawan. Skema yg dominan tadi kebanyakan trobosan longball, passing pendek-pendeknya jarang dan sering salah. Lini belakang babak pertama lumayan rapi, babak kedua agak sering kecolongan," jelas @Nurika_andana.

Satu yang pasti, sebagian besar warganet sepakat kalau permainan Timnas Indonesia akan semakin membaik. Harapannya, Garuda Muda bisa terus melaju, termasuk menaklukkan Myanmar pada laga terakhir Grup A cabang sepak bola SEA Games 2021.

6 dari 6 halaman

Lautan Liputan Eksklusif dari Vietnam

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer