Sukses


Peluang Timnas Indonesia U-23 ke Semifinal SEA Games 2021: Hidup dan Mati Kontra Myanmar

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 kini punya peluang cukup besar untuk bisa melangkah ke semifinal sepak bola SEA Games 2021. Namun, partai hidup dan mati harus dijalani Egy Maulana Vikri dkk. dalam laga menghadapi Myanmar pada Minggu (15/5/2022).

Kemenangan 4-0 atas Filipina yang diraih oleh Timnas Indonesia U-23 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (13/5/2022) sore, sempat membawa Tim Garuda Muda melesat dari peringkat keempat untuk menempati puncak klasemen Grup A sepak bola SEA Games 2021.

Namun, pada akhirnya Tim Garuda Muda tergeser ke peringkat kedua setelah Vietnam menang 1-0 atas Myanmar pada Jumat malam. Vietnam kini memiliki tujuh poin di puncak klasemen, unggul satu poin dari Timnas Indonesia U-23 dan Myanmar yang sama-sama punya enam poin di peringkat kedua dan ketiga.

Kini persaingan di Grup A sepak bola SEA Games 2021 hanya melibatkan ketiga tim tersebut, di mana Timor Leste dan Filipina sama-sama sudah dipastikan tersingkir setelah kalah dari Timnas Indonesia U-23.

Namun, bagaimana sebenarnya peluang Timnas Indonesia U-23 melangkah ke semifinal sepak bola SEA Games 2021?

2 dari 6 halaman

Hidup dan Mati Timnas Indonesia U-23 Vs Myanmar

Kini kepastian Timnas Indonesia U-23 untuk ke semifinal sepak bola SEA Games 2021 benar-benar akan ditentukan pada laga terakhirnya, Minggu (15/5/2022). Duel menghadapi Myanmar bakal menjadi laga hidup dan mati.

Andai Timnas Indonesia U-23 yang meraih kemenangan dalam pertandingan tersebut, maka Egy Maulana Vikri dkk. yang bakal melangkah ke semifinal.

Namun, jika tim asuhan Shin Tae-yong itu kalah, maka Myanmar yang akan memastikan diri melangkah ke semifinal sepak bola SEA Games 2021.

 

3 dari 6 halaman

Hasil Imbang, Tiket Jadi Milik Timnas Indonesia U-23

Lalu bagaimana jika pertandingan tersebut berakhir imbang?

Berdasarkan regulasi yang berlaku saat ini, hasil imbang antara Timnas Indonesia U-23 dan Myanmar akan membuat peringkat di antara kedua tim tersebut ditentukan lewat selisih gol.

Artinya, Tim Garuda Muda yang akan tetap lolos ke semifinal karena sampai saat ini pun Egy Maulana Vikri dkk. unggul atas Myanmar karena memiliki plus empat gol karena mampu mencetak 8 gol dan kebobolan 4 kali dalam tiga laga.

Sementara Myanmar hanya memiliki plus satu gol karena berhasil mencetak 6 gol dan kebobolan 5 kali dalam tiga pertandingan.

4 dari 6 halaman

Bagaimana Kalau Vietnam Kalah dari Timor Leste?

Dengan kondisi berada di puncak klasemen Grup A sepak bola SEA Games 2021, Vietnam jelas paling mungkin lolos ke semifinal. Apalagi tim asuhan Park Hang-seo itu hanya menghadapi Timor Leste yang saat ini berada di dasar klasemen dan sudah tersingkir pada Minggu (15/5/2022).

Menang atau pun bermain imbang dengan Timor Leste, Vietnam pasti berangkat ke semifinal sepak bola SEA Games 2021. Namun, bagaimana jika Vietnam secara mengejutkan kalah dari sang juru kunci?

Kekalahan Vietnam dari Timor Leste akan membuat sejumlah skenario baru. Jika satu di antara dua tim dalam pertandingan Timnas Indonesia U-23 dan Myanmar meraih kemenangan, Vietnam tetap lolos sebagai runner-up. Namun, jika Indonesia dan Myanmar bermain imbang, skenarionya benar-benar berubah.

Kondisi tersebut akan membuat Vietnam, Timnas Indonesia U-23 dan Myanmar sama-sama mengoleksi tujuh poin. Dengan tiga tim punya jumlah poin yang sama, Timnas Indonesia U-23 dipastikan lolos.

Sementara satu tiket lain akan tergantung seberapa besar kekalahan yang dialami oleh Vietnam, karena selisih gol akan menjadi penntu di antara Vietnam dan Myanmar yang lolos ke semifinal bersama Tim Garuda Muda.

5 dari 6 halaman

Jadwal Laga Terakhir Grup A Sepak Bola SEA Games 2021

15 Mei 2022

Timnas Indonesia U-23 vs Myanmar

  • Viet Tri, Stadium
  • Kick-off: 16.00 WIB

Timor Leste vs Vietnam

  • Viet Tri, Stadium
  • Kick-off: 19.00 WIB
6 dari 6 halaman

Liputan Eksklusif SEA Games 2021

Pembaca Bola.com bisa menikmati sajian liputan eksklusif aksi Timnas Indonesia U-23 di SEA Games langsung dari Hanoi, Vietnam dengan mengklik tautan ini.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid)

Video Populer

Foto Populer